Subscribe Us

header ads

Ganti Tutup Oli Atas Pulsar 135 Pakai KLX 150, Ini yang Perlu Diperhatikan!


Bentuk asli tutup oli atas KLX 150, hanya bagian atasnya saja yang PNP 100 % dengan tutup oli pulsar 135
SEJAK nyemplak kude besi asal India ini sudah tiga kali ganti tutup oli bagian atas. Jika diperhatikan memang bagian part yang terbuat dari plastik ini terbilang cepat aus bagian drat urilnya.
 
Terakhir, kemarin MotoStory mencoba membuktikan pengalaman para pulsar mania yang bisa mengganti tutup oli atas dengan tutup oli ori KLX 150. Setelah sementara waktu diakali dengan dililit benang jahit, ya tapi tidak bertahan lama.
 
Akhirnya MotoStory putuskan pergi ke bengkel yang terbilang lengkap di kota tempat tinggal 

MotoStory. Memang harus diakui part motor merk Kawasaki juga jarang tersedia persis seperti part-part motor Suzuki.
 
Kebetulan saja MotoStory lagi beruntung, meski harus menunggu lama dicari partnya oleh si punya toko. Dapat juga part asli KLX ini, harganya pun lumayan murah hanya Rp 20.000 saja. Sementara tutup oli asli pulsar sekitar 10.000 sampai Rp 15.000 itu sekitar lima tahun yang lalu. Ya worted lah...

Setelah part tutup oli atas KLX di tangan saatnya eksekusi. Buka plastik kemasan, lihat penampakannya di bawah ini. Bentuknya berbeda, tutup oli KLX ada stick cek kedalaman oli. Sementara tutup asli pulsar tidak ada. 

Jadi langkah berikutnya, kita harus menggunakan gergaji besi untuk memotong sticknya.
Kemudian buka tutup oli yang sudah slek atau aus, kita ambil oli sealnya untuk dipindahkan ke tutup oli baru KLX.


Perbandingan tutup oli asli pulsar (kanan) dengan tutup oli atas KLX yang sudah dipotong bagian deep sticknya (kiri)

Sudah terpasang oli sealnya, baru bisa dimasukan ke lubang oli atas di bagian blok kanan mesin pulsarnya.


 
Dan lihat penampakannya, pas banget yah...alias PNP 100%.


Baca juga berita sejenis


Post a Comment

0 Comments