Subscribe Us

header ads

Bikin Ngacir Pulsar 135 dengan Korek PJ dan MJ (Review 2)



BAGI pecinta sepeda motor Pulsar 135 LS yang dikenal seri paling bawah dari pulsar memang terkenal sangat irit. Saking iritnya sepeda motor ini untuk urusan lari banyak yang merasakan kurang maksimal.

Untuk mengatasinya ada beberapa solusi untuk meningkatkan performa lari meskipun tidak begitu mumpuni. Salah satunya dengan mengganti pilot jet (PJ) dan main jet (MJ) karburator bawaan pulsar dari Mikuni ini.

Let’s do it… Langkah pertama kita perlu menyiapkan alat-alat di antaranya yang paling pokok mencari PJ dan MJ dengan ukuran satu tingkat di atas ukuran standar karburator bawaannya.

Ukuran standar PJ pulsar 12,5 kita naikan menjadi 15 (pakai PJ Byson) atau 17,5 (pakai PJ F1ZR). Sedangkan ukuran MJ pulsar 107,5 kita naikan menjadi 110,5 (pakai Satria FU) atau 112,5 (pakai Byson).

Terus darimana dapat PJ dan MJ. Cari di bengkel terdekat bisa beli satuan (racing) atau replace kit satu paket. Cuma yang dipakai cuma PJ dan MJ saja.


Dari pengalaman MotoStory setelah beberapa kali mencoba menukar pasang PJ dan MJ di atas berikut hasilnya:

Pertama mengganti PJ dengan ukuran 17,5 milik F1ZR dan MJ 110 milik Satria FU. Putaran air screw (mencampur udara dan bensin) aplikasi 2,5 putaran. Putaran bawah bertenaga, putaran atas nafas panjang, akselerasi lebih bertenaga.

Kedua, mengganti PJ dengan ukuran 15 milik Byson dan MJ 112,5 milik Byson. Putaran air screw standar 4-5 putaran berlawanan arah jarum jam. Sensasi tarikan mesin memang tidak seperti yang pertama. Namun lebih bertenaga dari standar.

Hanya saja, mengaplikasi PJ dan MJ paling besar dari pengalaman MotoStory ada beberapa kekurangan. Meski tenaganya oke di putaran bawah dan atas, hanya saja setelah dilihat busi kondisinya hitam pekat. Dan ini membuktikan pembakaran terlalu boros sehingga pembakaran kurang sempurna.

Sensasi ini nendang bagi yang suka kencang, hanya saja MotoStory tidak bisa menemukan settingan air screw yang pas sehingga mendapatkan warna celah busi yang ideal yakni merah bata.
Celah warna Busi (Google Image)
Ketika setelah air screw tidak bisa menemukan celah warna busi merah bata, kesimpulannya harus menurunkan nilai PJ dibawah 17,5. Kalau tidak menemukan ukuran 15 bisa diakali dengan memasukan serabut kabel sekitar dua helas ke dalam lubang PJ tadi.

Bisa juga dengan meruncingkan jarum skep karburator. Pada percobaan ini MotoStory menggunakan jarum skep dari Satria FU. Caranya cukup diamplas sampai bagian ujungnya meruncing.

Sementara untuk settingan PJ dan MJ ukuran 15 dan 112,5 ini yang dirasa cocok. Settingan air screw standar 4-5 putaran. Setelah pemakaian warna celah busi pun dalam kondisi ideal yakni warna merah bata.

Jika tertarik bisa diaplikasikan dengan sedikit percobaan. Bisa jadi tiap motor berbeda-beda karena kondisi mesin pun berbeda-beda. Sebagai catatan, dapur pacu MotoStory sudah over size 0,50. Knalpot free flow F4 (asli kayaknya sih he he he). (*)

Post a Comment

0 Comments