Subscribe Us

header ads

Bikin Ngacir Pulsar 135 dengan Korek PJ dan MJ

BARU kali ini MotoStory memberanikan diri praktik korak korek untuk meningkatkan performa, terutama di sektor pengkabutan yang mengandalkan sistem karburtor vakum venturi merk Ucal ini. Inspirasinya dari maraknya pengaplikasian karbu skep di motor 4 langkah dan sangat memberikan dampak luar biasa dalam memacu ruang bakar. Tapi, masih belum berani migrasi ke karbu skep model RX King, atau 2 tak lainnya. 
Alasannya, modalnya belum cukup. Meski sekarang harga karbu skep bergelimpangan di toko online dengan harga yang sangat terjangkau di kisaran kurang dari 300 ribuan. Pun begitu, itu tidak bisa langsung plug and play diterapkan di motor India ini. 
Cari-cari info, para penyempak pulsar masih bisa mengorek performa dengan memanfaatkan karbu bawaan dengan modal yang ringan. Yakni menaikan ukuran spuyer pilot jet (PJ) dan main jet (MJ) karbu Ucal ini.
 Sebelum eksekusi, perlu diketahui ukuran standar dari PJ karbu Pulsar 135 yakni 12,5 dan MJ standar ukuran 107,5. Kata para mastah pulsar, cukup menaikan ukuran PJ dan MJ satu tingkat. Jadi harus mengganti dengan ukuran PJ 15 dan MJ 110. Pengaruh menaikan PJ/MJ satu tingkat yakni putaran bawah mesin naik dan atas juga ikut naik atau jambakannya makin gahar. Namun katanya tidak menaikan top speed hanya akselerasi saja yang meningkat. 
Repair kit karbu Ucal belum pernah dapat, apakah ukurannya standar atau naik. Makanya perlu sedikit riset mencari persamaan bentuk PJ dan MJ yang sama dengan Pulsar 135. Hasil riset para mastah yang banyak terpublikasi di forum forum diskusi online, untuk persamaan PJ bisa menggunakan PJ Yamaha F1ZR ukuran standarnya 15. Tapi di pasaran repairkitnya dijual juga ukuran 17,5. 
Sementara untuk ukuran MJ persamaannya milik Satria FU dan Tiger, ukurannya 110. Jika pakai PJ 17,5 maka MJ 112. Setelah diganti, perlu disetting ulang karbu. Caranya gampang gampang susah. Karena membutuhkan filling yang bagus untuk mendengarkan putaran suara mesin di settingan yang pas. 
Caranya, putar jarum air screw ke kanan sampe mentok. Nyalakan mesin tahan di RPM 4000. Putar pelan-pelan ke kiri sedikit sedikit sampai mencapai putaran mesin tertinggi. Untuk memastikan setingan campuran udara dan bahan bakar sempurna, cek kondisi busi. 
Apabila berwarna putih berarti keiritan. Putar sedikit ke kiri. Sementara jika berwarna hitam berarti terlalu basah bahan bakar kurang udara, maka putar ke kanan sedikit. Bagamaina perubahannya setelah ganti PJ dan MJ naik satu tingkat. Tunggu ya reviewnya di tulisan berikutnya.(MotoStory)


DAPATKAN PROMO MENARIK E-BOOK KLIK DISINI

Post a Comment

0 Comments