SOBAT MotoStory banyak yang share katanya shockbreaker bawaan pulsar 135 tidak bisa di benerin ke tukang servis shockbreaker. Padahal banyak juga motor batangan lainnya yang shockbreakernya nyaris sama persis dengan punya pies.
Sebagian tukang servis shockbreaker bilang tabung shock pies belakang tidak ada lubang udaranya. Padahal itu pendapat nyaris salah dan si tukangnya menurut MotoStory kurang paham saja dengan shock belakang pies.
MotorStory pun akhirnya dikasih tahu eks mekanik beres. Kata dia shockbreaker belakang pies bisa juga dibikin empuk lagi dengan cara dikeluarkan anginnya lewat lubang tabung udara.
Shock belakang pies ini cara kerjanya setiap tekanan menghasilkan udara yang mengisi seluruh tabung udara. Jadi sekian lama pemkaian pasti berakibat shock menjadi keras. Makanya kalau sudah terasa gejala seperti itu, perlu dikeluarin sebagian gasnya.
Caranya simpel dan cukup gampang dikerjakan sendiri tidak perlu datang ke bengkel segala.
Pertama persiapkan beberapa peralatannya seperti alat pencukil tutup tabuh shock belakang dan satu buah suntikan printer bekas.
Lanjut, buka tutup tabung shokcnya pakai alat pencukil. Setelah lepas maka akan terlihat tuh si lubang tabung shock berwarna putih.
Ambil suntikan bekas tadi, cabut spetnya lalu tusukan ke lubang shock. Jangan lama-lama cukup sedetik sampai terdengar suara gejosss...
Coba rasakan sekarang apakah shocknya sudah empuk lagi bukan? Selamat mencoba.(*)
21 Comments
Bro pake foto donk biar jelas...
ReplyDeletethanks
siap bro...atas masukannya...
DeleteKlo gak ada suntikan, bisa pakai apa bro
ReplyDeletepake suntikan bekas suntikan isi ulang printer...tengah jarum ada lubang udaranya..tujuannya buat keluar angin dari tabung sok...kalau pakai jarum biasa belum tahu bisa apa tidak...
Deleteisi suntikan nya apa ?
ReplyDeletesuntikannya hanya alat saja bro..bukan buat nyuntik tabung...tapi tujuannya buang sedikit angin di tabung sok...jadi pake suntikan bekas isi ulang tinta printer...ambil jarumnya saja...terus tusuk...ke belakang tabung sok...disitu ada lubang kaya lubang pentil bola gitu...
DeleteBro kalo kelamaan nyuntik efeknya apa ?thanx
ReplyDeletebuangnya sedikit saja..bro..buang sedikit saja sudah agak empukan...
Deletekayaknya kalo kelamaan bakal terlalu empuuk deh..rasakan saja coba
ReplyDeleteTuh tutupnya klo dibuka ada lubang putih didalamnya ada karet item klo ditusuk jarum apa g rusak gan...
ReplyDeleteTolong jawaban jelasnya....
Nuhun
enggak ane sudah coba...buang anginnya sedikit saja...ya...biar rada empuk..intinya buang angin di dalam tabung
Deletecoba aja deh pake suntikan bekas printer sama jarumnya, cabut dulu sepetnya, enggak rusak coba aja, klo bingung bawa aja ke tukang servis sockbreker sekarang sokbreker pulsar sudah punya nama jadi mereka pada paham danbisa juga ngempukin salam
ReplyDeletePliss yang punya blog poto lubang colokny
DeleteCek aja tabungnya...di bagian bawah tengah ada lubang kecil...colok saja..moga membantu...
Deleteitu yang kluar kira2 udara biasa atao nitrogennya gan ya ? trus bisa ditambahin gak nitrogennya kalo gitu...
ReplyDeletewalah kurang tahu gan...tapi katanya yang cc lebih gede dari135 bisa pake nitrogen...kaya 220 gitu
DeleteBro Pokihe..ane kurang paham juga tuh...lbih baik bawa ke tukang sokbreker.. he he he maklum nubie..salam
ReplyDeleteUdah saya coba..ko tetep keras bos...
ReplyDeletemungkin harus dibawa ke jasa servis sok gan...sy pernah curhat sama tukang sok...katanya bisa diempukin dia punya caranya...kalau cara di atas itu hasil temua bengkel langganan saya bro...buat empuk enggak hanya ditentuin angin doang,,,apalagi karakter sok pulsar keras...makanya saya sudah lama ganti pake aftermarket biar pinggang agak enakan he he hehe
DeleteRekomendasi shock belakang ganti pakai merk apa yang empuk buat p135?
DeleteMotoStory malah pengen balik lagi pake sok aslinya...nyesel...soalnya kata tukang service sok sok ori bajaj juga bisa dibuat empuk...tapi sekarang sudah lebih dari 3 tahun pake sok aftermarket yang buat tiger 360mm...cari aja merek seperti Ride-It sejenisnya yang buat tiger...
Delete