Subscribe Us

header ads

Ganti Lampu Senja Pulsar dengan Led Tapi Jangan Jagung

Sebenarnya MotoStory termasuk telat ganti lampu senja di Pies kesayangan. Lha wong baru ngeh kalau lampu senja bawaan asli Pies yang lima watt itu bikin meleleh mika lampu depan. Mumpung belum parah melelehnya, akhirnya diputuskan untuk diganti dengan lampu led.

Awal cari referensi dari googling, MotoStory tahu kalau lampu senja Pies bisa diganti dengan lampu led jagung yang nyalanya adem ayem dengan watt yang enteng sekitar dua watt saja.

Siang hari itu, MotoStory menyemplak pies pergi ke tukang lampu led di pusat kota. Setelah diparkir di depan toko, si empunya toko menawarkan beberapa lampu variasi led yang bisa diaplikasikan di motor.

MotoStory, langsung to the point aja cuma mau ganti lampu senja dengan led jagung. "Oh, ada mas...tahu dari mana emang lampu senjanya bisa diganti dengan led jagung. Tapi sepertinya susah, pasangnya mesti bongkar headlamp," kata si empunya toko yang terbilang masih muda itu.

Biar, sedikit memberikan jalan ke dia, MotoStory bilang. "Gampang kok, tinggal buka tutup samping bawah headlamp dari situ bisa dikodok (Bahasa Sunda)," serka MotoStory.

Akhirnya, dia kasih lampu led jagung yang panjangnya sekitar 1,5 cm dan cukup banyak mata jagungnya. "Nah, ini bagus Mas..terang banget. Harganya Rp 50 ribu dua buah belum ongkos pasang," kata si empunya toko. Kalau plus ongkos pasang tambah Rp 5 ribu lagi kata dia.

Singkat cerita, dengan keringat bercucuran memasang lampu senja Pies yang ternyata cukup ribet, led jagung terpasang. "Harusnya, ongkosnya Rp 10 ribu mas," kata si empunya toko protes setelah bekerja.

MotoStory hanya bisa tertawa kecil. "Kan di awal perjanjiannya Rp 5 ribu," jawab MotoStory singkat.

Namun, sayang ditengah jalan lampu led sebelah kiri malah mati, sepertinya longgar. Akhirnya MotorStory balik lagi ke toko lampu. Saat dikodok lagi lednya eh malah copot. Butuh waktu setengah jam untuk mengambil serpihan mata jagung di dalam mika.

Setelah dicopot semua, si empunya akhirnya merekomendasikan ganti lampu led dengan bukan tipe jagung biar tidak lepas di dalam, lantaran susah sekali ngambilnya kalau lepas.

"Ganti saja ya pakai tipe ini tipe baru, tidak ada sambungan seperti led jagung. Lednya langsung nempel di depan semua," saran empunya toko sambil memperlihatkan lampu led senja yang ringkas dengan mata led di depan semua sekitar sembilan led.(***)


Post a Comment

2 Comments

  1. pulsar 135 sy jg telat ganti led, sdh melelehkan reflektor stlh 1 tahun, tp blm smpt ganti led jg. sy heran apa proses pngujian reflektor g dilakukn sm bajaj ya? smpe hmpir smua p135 pny kasus sama

    ReplyDelete