Subscribe Us

header ads

Wajib Baca, Semoga Bukan Hoaks, Ini Substitusi Seal Sokbreker Pulsar 135

SEMENJAK menjadi penyempak Pulsar 135 berburu dan observasi suku cadang alternatif dari motor jepang (mopang) menjadi seni tersendiri. Bagi sebagian orang mungkin menjadi pekerjaan menyebalkan, tetapi bagi satria berkuda asal India ini, yang bermoto melawan punah, kegiatan mencari sustitusi alternatif mengasikan juga.

Weleh-weleh, dari pada putus asa lebih baik kita membanggakan diri saja. Percuma mengeluh sparepart tidak ada toh mobil-mobil lawas dan motor-motor sisa peninggalan Perang Dunia II masih banyak berseliweran di Indonesia. Itu tandanya orang Indonesa itu pinter-pinter.

Well, kali ini MotoStory ingin mengupas suku cadang alternatif untuk seal sokbreker depan P135. Banyak rumor yang beredar tentang suku cadang pengganti selain original si pies ini. Setelah mencari kesana-kemari, membandingkan seal ori dengan seal aftermarket di pasaran MotoStory berhasil menemukan persamaannya yang benar-benar sama persis.

Apa itu. Ternyata e... ternyata, persamaan atau substitusi seal sokbreker depan si pies itu adalah seal sokbreker dari Yamaha RX 100. Seperti apa motornya, nih lihat gambar berikut:

Itu motor keluaran tahun 1989, MotoStory saja baru bocah ingusan tuh, tapi ternyata e ternyata seal sokbrekernya benar-benar sama persis tinggal lebppp... Oke deh, kalo part original susah didapat atau lagi tiada di pasaran, well tiada salahnya pake seal sokbreker RX 100. Toh bentuk dan rupanya sama serupa bagai pinang dibelah dua.

Masih ora percoyo, tak percaya, teu percanten, sok aja buktikan sendiri cari di bengkel-bengkel terdekat yang masih sekiranya ada part dari motor lawas ini. Carinya di bengkel umum yang guede, yang pemiliknya punya motor Kawasaki Binter Z 200. He he he,,, bercanda itu mah di kota tempat tinggal MotoStory. Mungkin beda di tempat lain yah.(***)

Post a Comment

0 Comments