tips and trick seputar Bajaj Pulsar 135 sejarah sepeda motor India masuk Indonesia

Powered by Blogger.

Mengatasi Suara Berisik Mesin Pulsar 135 LS


Mungkin PIES mania atau pulsarian yang menunggangi Pulsar 135 LS mengalami pengalaman berbeda saat menunggangi saat beli baru hingga sekian lama pemakaian. Yah, kesan pengalamann pertama menunggangi motor jebolan Bajaj Auto dari India ini memang cukup menggoda.
Suara mesin begitu halus, akselerasi begitu bertenaga, dan satu lagi ciri khasnya dengan suara unik saat knalpot mendesing. Kalau diibaratkan dengan orang, suaranya seperti bersiul kecil, kata orang Sunda seperti ‘ngaheot’.
Namun, setelah beberapa puluh ribu kilometer pemakaian, pengalaman itu mulai menurun. Sensasi rasa mesin halus, knalpot berdesing cmiw cmiw mengikis kecil. Malah yang terjadi sebaliknya, suara mesin menjadi kasar, kadang malah seperti ayam ngorok.
Gejala suara mesin seperti ayam ngorok ini kerap dirasakan pada saat pagi hari dihidupkan. Baru setelah beberapa lama mesin dipanaskan sedikit demi sedikit suara ngorok mulai berkurang.
Terus apanya yang salah dengan gejalan PIES seperti ini. Awalnya MotoStory pun sempat pusing setengah keliling untuk mengatasi  masalah ini. Karena berkali-kali pergi ke bengkel resmi pun tidak membuahkan hasil.
Sampai usaha untuk menghilangkan suara ayam ngorok PIES ini terhenti setelah membaca artikel yang banyak beredar dari hasil googling yang menyebutkan suara ayam ngorok itu memang ciri khas motor Pulsar. Apalagi yang menganut sistem empat klep (4 valve) motor apapun pasti ada saja suara-suara mesin kasar.
Lantas apa upaya untuk sedikit mengurangi suara kasar agar tidak kebangetan ngoroknya. Yang pertama kata mekanik langganan MotoStory harus mengatur kembali bukaan klep. Stel kembali kekencangan rantai keteng mesin dengan cara menyetel tensionernya. Jika masalah tak terselesaikan, ada kemungkinan rantai keteng perlu diganti sobat.(***)

0 komentar:

Post a Comment