Subscribe Us

header ads

Benelli TNT 135, Saudara Kembar Pulsar 135 dari Tiongkok?

Blok kanan

Blok kiri TNT 135

TANPA sengaja MotoStory mendapati sepeda motor bergaya super moto mini berlabel Benelli TNT 135 terparkir di sebuah mall di kota MotoStory tinggal. Ada yang membuat MotoStory penasaran dengan penampakan bagian dapur pacu kuda besi yang secara merek sudah tak diragukan lagi besutan negeri Italia. Selidik lebih selidik dari samping blok kopling kanan, samping blok kiri sangat mirip dengan bagian dapur pacu Pulsar 135 yang MotoStory miliki sampai kini.

Rasa penasaran MotoStory pun dilanjutkan dengan googling baik secara spesifikasi mesin dan bentuk basis desain mesin -- benar benar sama walaupun tak serupa. Begitupun dari sisi pengapiannya pun sama mengusung dua busi (twin spark). Begitupun dari katup sama mengusung empat klep (4 valve). Hanya saja mesin TNT 135 sudah SOHC dan berpendingin oli (oil cooler).

Dari sisi harga pun di negeri India ternyata tidak beda jauh. Benelli TNT 135 ini dibanderol 175.000 lakhs rupee sedangkan Pulsar 135 170.000 laks rupee. Kalau di Indonesia Benelli 135 dijual sekitar Rp 30 jutaan. Sementara pulsar 135 dahulu sepuluh tahun lalu hanya seharga motor bebek Rp 15 jutaan saja.

Yang jadi pertanyaan MotoStory kenapa bentuk desain bagian mesinnya bisa nyaris sama? Apakah Benelli bekerjasama dengan Bajaj? Rasa penasaran berlanjut dengan terus googling, namun tak menemukan jawaban yang memuaskan.

MotoStory mengetahui jika produsen motor asal China itu yakni Zheziang Qianjiang Motorcycle Co LTD (ZQMCL) telah membeli lisensi Benelli dari Italia. Bukan sebuah rahasia umum lagi jika pabrikan motor asal Tiongkok itu paling jago membuat sepeda motor yang mirip dengan motor-motor yang banyak dijual di pasaran.

Yang menjadi nilai lebih dari TNT 135 ini adalah gaya mini super moto dan tentu saja label merek yang sangat menjual yakni Benelli walaupun memang bisa dipastikan diproduksi di China. Kesimpulannya TNT 135 dan pulsar 135 adalah saudara tiri beda bapak beda indung semang yang kebetulan saja dapur mesin pacunya sama.

Jadi kepikiran nyari Benelli 135 kemudian copot mesinnya untuk diswap engine ke pulsar 135. Yo wis...ngakak bener. Pulsar 135 MotoStory jadi pulsar 135 UG 4. (*)

Post a Comment

0 Comments