Subscribe Us

header ads

Beberapa Kali Headlamp Terbentur, Mengakibatkan Short Kelistrikan

YANG masih menjadi pertanyaan penyebab masalah rusaknya CDI membuat MotoStory (MS) penasaran. Dari hasil googling MS usia pemakaian CDI kalau dirawat dengan baik bisa mencapai 10 tahunan. Sementara pada kondisi yang dialami MS si gambate lima tahun dengan pemakaian nyaris setiap hari lantaran diporsir kerja.

Yah, dalam hati tak apa lah memang semuanya juga tidak ada yang abadi. Mungkin sudah masanya CDI si gambate diganti. Beberapa harinya setelah CDI diganti MS mulai merenungi masalah yang dialami si gambate kenapa CDI-nya yang kena???

Berikut analisa MS kenapa sampai CDI nya kena:
1. Sumber utama berasal dari kondisi aki yang soak.
2. Kemudian mengalami short yang ditemukan pada batok odometer yang merembet ke CDI.
3. Di awal setelah diganti pakai CDI shogun sempat mengalami kendala yang sama motor hidup tapi tidak mau ngangkat. Ternyata soket ke odometer digitalnya masih nyantol dan kadang jarum RPM muter-muter sendiri. Sampai akhirnya dilepas soket ke odo normal kembali.

Lantas, kenapa juga Odomoter si gambate bisa mengalami short kemudian merembet ke CDI?
MS menemukan beberapa dugaan:
1. Beberapa kali memang si gambate pernah jatuh, dan beberapa kali juga bagian headlampnya sempat tersungkur ke tanah. Kalau dilihat kiri kanan headlamp sudah memiliki luka memar yang lumayan.
2. Yah, mungkin dari benturan itu yang menyebabkan bagian perangkat elektronik odometer digital terjadi short.
3. Bisa juga memang sudah termakan usia ada beberapa bagian di dalam Odometer yang sudah aus.(***)

DAPATKAN PROMO MENARIK E-BOOK KLIK DISINI

Post a Comment

2 Comments

  1. You can Know About Honda India is gearing up for some serious attack in Indian Market with these upcoming Honda bikes in India 2019 – 2020

    ReplyDelete
    Replies
    1. good article, impressive. I am pleased to know and reportedly soon entered Indonesia. Very interesting.

      Delete