Subscribe Us

header ads

Pengalaman Ganti Oli di Pulsar 135


CAIRAN pelumas mesin memiliki fungsi vital dalam kerja dapur pacu sepeda motor. Termasuk dengan pulsar 135 ini, dari pengalaman MotoStory beda merk dan beda tingkat kekentalan oli beda juga pengaruhnya terhadap mesin.

Sejak MS boyong pulsar dari dealer selama beberapa kali mendapatkan layanan service gratis diberi oli dari pabrikan dalam negeri yakni PrimaXp. Di mesin yang masih reyen tidak terlalu berarti sensasi tarikannya, toh motor masih baru pasti masih oke tarikannya. Sampai masa servis gratis habis oleh mekanik beres bajaj waktu itu disarankan memakai oli shell helix sama enduro racing. 

Tetapi karena sejak pertama pakai primaxp akhirnya sekitar setahun pakai primaxp. Rasa tarikan di mesin lumayan, hanya saja pada akselerasi perpindahan gigi cukup sulit terutama pindah ke netral. Pernah terbersit kerap slip kopling gara-gara bagian perseneling di dalam yang aus.

Saat itu MS kerap ganti oli di angka 2500 seperti disarankan di buku panduannya. Padahal seharusnya kalau ingin lebih baik harus agak lebih sering karena beda negara beda juga kualitas olinya.

Pernah beberapa kali juga pakai shell helix lumayan di km ribuan masih enak rasa mesinnya. Akselerasi lancar jarang slip kopling, namun tetap susah pindah netral.

Terakhir MS sampai saat ini memilih pakai Federal, dengan intensitas ganti sekitar dua minggu sekali atau 1000 km. Hasilnya jarang sekali slip kopling akselerasi gigi enteng dan netralin gigi juga cukup enak.

Kuncinya ganti oli jangan sampai telat, kalau terlanjur siap-siap saja mesin cepat rontok. Enggak mau kan mesinnya jadi mesin perontok padi kasar banget bunyinya.(www.moto-story.blogspot.com)

Post a Comment

0 Comments