Subscribe Us

header ads

Gejala Ghaib Mesin Pulsar 135


ADA-ada saja memang cerita motor pulsar MS ini. Gimana enggak dibilang ghaib lha knalpot motor tidak mengeluarkan asap pekat hitam ataupun tipis, tapi tahu-tahu oli saat dicek kok berkurang.

Sempat mencurigai daleman mesin bermasalah tetapi nyatanya juga baik-baik saja. Penasaran akhirnya MS ambil langkah instan dengan cara menambahkan oli saja. 

Ingat olinya harus sama baik itu merk ataupun tingkat kekentalannya. Bawaan pabrikannya pies itu 20w-50h.

Akhirnya motor di standar tengah, buka tutup oli atas pakai tang lancip. Sambil intip kaca monitor oli dari samping kanan oli tambahan dimasukan secukupnya. 

Sekiranya sudah dibatas aman tutup lagi dengan baik dan simpan oli sisanya siapa tahu lain kali dibutuhkan.

Saatnya dites riding, ada sensasi berbeda saat oli sesuai dengan saat oli berkurang. Suara mesin menjadi halus tarikan jadi enteng, tentunya bikin tentrem di hati.

Lalu MS perhatikan beberapa hari sampai dua minggu, aneh kok tidak ada lagi gejala oli berkurang meski kerap dipakai ratusan kilometer.

Sedikit tips dari MS soal penggantian oli, akhirnya diambil jalan tengah dan semoga bisa menjadi solusi terbaik. Yakni mengganti oli di setiap 1000-1500 km. 

Karena pemakaian dalam kota saja sehari rata-rata 30 km maka MS sering ganti oli rutin sebulan sekali. Apabila lagi rajin suka dua minggu sekali. (www.moto-story.blogspot.com)

Post a Comment

0 Comments