Subscribe Us

header ads

Benarkah Bajaj Hentikan Produksi Pulsar 135? Jangan Sedih Ya!!!


KALAU pulsar mania Tanah Air saat ini anteng-anteng saja meski di tengah keterbatasannya. Namun tidak demikian dengan pulsar mania khususnya penyemplang Pulsar 135 LS di negeri asalnya India.

Kabar terbaru dari rumor yang berkembang disana seperti dilansir gaadiwaadi.com menyebutkan bahwa pulsar 135 ini bakal dihentikan produksinya. Waduh… terus apakah bakal berdampak bagi nasib pecinta Pulsar 135 di Indonesia?

Pantesan belum lama ini MotoStory sempan mampir ke situs resmi bajajauto.com, iseng-iseng cari jenis Pulsar 135. Wal hasil sudah tidak ada di daftar pulsar series. Agak kecewa, hal ini semakin menyiratkan jika memang seri mungil pulsar ini didiskontinyu.

Masih dilansir dari gaadiwaadi.com nyatanya kabar diskontinyu itu dibantah Bajaj Auto sendiri. Hilangnya pulsar 135 di situs resmi Bajaj itu bukan lantaran didiskontinyu tetapi sedang dalam perbaikan situs itu.
Hingga 15 Juli 2019, tidak terlihat penampakan si Pulsar 135 di situs www.bajajauto.com, hal ini semakin meyakinkan jika seri ini bakal digantikan dengan seri Pulsar 125

Yang jadi pertanyaan, sejak Mei sampai Juli kok lama banget perbaikan webnya. Jadi semakin memperkuat dugaan seri ini didiskontinyu.

Bantahan Bajaj Auot lagi, semakin mengejutkan dengan rencanya digantikannya Pulsar 135 LS dengan Pulsar 125. Bujur buneng… Yang punya Bajaj XCD harus bangga karena mulai pertengahan 2019 bakal naik tahta dan berganti menjadi Pulsar 135.

Bodi secara keseluruhan Pulsar 135 hanya saja mesin atau dapur pacu yang dibenamkan kubikasi lebih kecil yakni 125. Jelas ini milik XCD dan Discover.

Bajaj Auto beralasan dengan keputusan ini lantaran adanya aturan baru tentang motor berkubikasi di atas 125 CC harus mengadopsi pengereman ABS. Jadi tentu saja hal ini bakal menaikan harga Pulsar 135 dari harga motor seribu umat menjadi motor highend.

Itu alasan Bajaj Auto dengan mempertimbangkan pasar motor India yang memang Pulsar 135 diperuntukan entry level. Agar tetap diminati pasar, maka Pulsar 125 menggantikan Pulsar 135 di India.

Sementara itu karena memang seri ini masih potensial di pasar ekspor ke luar negeri, seri Pulsar 135 tidak didiskontinyu tetapi tetap diproduksi.

Bajaj Pulsar 125 akan ditenagai oleh mesin yang sama dari Discover 125. Mesin silinder tunggal 124,6 cc, 4 katup menghasilkan tenaga 13 hp pada 9.000 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 7.000 rpm yang tidak jauh berbeda dari 135 cc saat ini.

Mesin yang mengeluarkan daya 13,5 hp pada 9.000 rpm dan torsi 11,4 Nm pada 7.500 rpm. Mesin ini akan dikawinkan dengan gearbox 5 kecepatan.

Keuntungan lain bagi Bajaj untuk menggunakan mesin ini adalah mereka tidak perlu memberikan ABS karena konfigurasi di bawah 125 cc dan hanya perlu menawarkan sistem pengereman CBS yang hemat biaya.

Ini tentu akan membantu Bajaj untuk memberi harga Pulsar 125 bersaing secara kompetitif. Bajaj Pulsar 125 akan bersaing dengan Hero Glamour dan Honda Shine SP. Dengan branding Pulsar dan harga yang agresif, Bajaj mungkin bisa mengalahkan para pesaingnya.(MotoStory)


Post a Comment

0 Comments