KALAU pulsar mania Tanah Air saat ini anteng-anteng saja meski di tengah keterbatasannya. Namun tidak demikian dengan pulsar mania khususnya penyemplang Pulsar 135 LS di negeri asalnya India.
Kabar terbaru dari rumor yang berkembang disana seperti dilansir
gaadiwaadi.com menyebutkan bahwa pulsar 135 ini bakal dihentikan produksinya.
Waduh… terus apakah bakal berdampak bagi nasib pecinta Pulsar 135 di Indonesia?
Pantesan belum lama ini MotoStory sempan mampir ke situs resmi
bajajauto.com, iseng-iseng cari jenis Pulsar 135. Wal hasil sudah tidak ada di
daftar pulsar series. Agak kecewa, hal ini semakin menyiratkan jika memang seri
mungil pulsar ini didiskontinyu.
Masih dilansir dari gaadiwaadi.com nyatanya kabar diskontinyu itu
dibantah Bajaj Auto sendiri. Hilangnya pulsar 135 di situs resmi Bajaj itu
bukan lantaran didiskontinyu tetapi sedang dalam perbaikan situs itu.
Hingga 15 Juli 2019, tidak terlihat penampakan si Pulsar 135 di situs www.bajajauto.com, hal ini semakin meyakinkan jika seri ini bakal digantikan dengan seri Pulsar 125 |
Yang jadi pertanyaan, sejak Mei sampai Juli kok lama banget perbaikan
webnya. Jadi semakin memperkuat dugaan seri ini didiskontinyu.
Bantahan Bajaj Auot lagi, semakin mengejutkan dengan rencanya
digantikannya Pulsar 135 LS dengan Pulsar 125. Bujur buneng… Yang punya Bajaj
XCD harus bangga karena mulai pertengahan 2019 bakal naik tahta dan berganti
menjadi Pulsar 135.
Bodi secara keseluruhan Pulsar 135 hanya saja mesin atau dapur pacu
yang dibenamkan kubikasi lebih kecil yakni 125. Jelas ini milik XCD dan
Discover.
Bajaj Auto beralasan dengan keputusan ini lantaran adanya aturan baru
tentang motor berkubikasi di atas 125 CC harus mengadopsi pengereman ABS. Jadi
tentu saja hal ini bakal menaikan harga Pulsar 135 dari harga motor seribu umat
menjadi motor highend.
Itu alasan Bajaj Auto dengan mempertimbangkan pasar motor India yang
memang Pulsar 135 diperuntukan entry level. Agar tetap diminati pasar, maka Pulsar
125 menggantikan Pulsar 135 di India.
Sementara itu karena memang seri ini masih potensial di pasar ekspor ke
luar negeri, seri Pulsar 135 tidak didiskontinyu tetapi tetap diproduksi.
Bajaj Pulsar 125 akan ditenagai oleh mesin yang sama dari Discover 125.
Mesin silinder tunggal 124,6 cc, 4 katup menghasilkan tenaga 13 hp pada 9.000
rpm dan torsi 10,8 Nm pada 7.000 rpm yang tidak jauh berbeda dari 135 cc saat
ini.
Mesin yang mengeluarkan daya 13,5 hp pada 9.000 rpm dan torsi 11,4 Nm
pada 7.500 rpm. Mesin ini akan dikawinkan dengan gearbox 5 kecepatan.
Keuntungan lain bagi Bajaj untuk menggunakan mesin ini adalah mereka
tidak perlu memberikan ABS karena konfigurasi di bawah 125 cc dan hanya perlu
menawarkan sistem pengereman CBS yang hemat biaya.
Ini tentu akan membantu Bajaj untuk memberi harga Pulsar 125 bersaing
secara kompetitif. Bajaj Pulsar 125 akan bersaing dengan Hero Glamour dan Honda
Shine SP. Dengan branding Pulsar dan harga yang agresif, Bajaj mungkin bisa
mengalahkan para pesaingnya.(MotoStory)
0 Comments