Subscribe Us

header ads

Atasi Korosi Tank Motor Pulsar dengan Lem Plastic Steel

SEIRING bertambahnya umur motor kita, niscayanya semakin bertambah banyak masalah masalah kerusakan. Seperti yang dialami MS, bagian tank motor, terutama di bagian tank yang menempel langsung ke bagian jok depan mengalami korosi. Hal ini terjadi akibat gesekan yang terus menerus karena pemakaian ditambah faktor cuaca terutama pada saat hujan.
   Coba amati, tidak hanya dialami motor pulsar saja, tapi nyaris oleh semua motor, jika joknya menempel langsung ke bagian tank, kecuali yang pakai kondom. Ternyata terjadi korosi yang menimbulkan bagian flat tank dalamnya menyembul, dempul tank terkikis.
   Lantas bagaimana solusi awal untuk mengatasinya? Padahal di awal pembelian baru, hal ini sudah diprediksi dengan cara menambahkan skotlite di sekitar tank yang menempel langsung ke jok. Meski dari awal pabrikannya pun sudah dipasangi. Namun tetap saja kena korosi.
   Untuk langkah baiknya sih mending pergi ke bengkel dempul mobil. Nanti, bagian tank bakal dibersihkan, diamplas dan didempul ulang dan dicat lagi. Ongkosnya paling Rp 50 ribu perak.
   Tapi itu pun tidak bertahan lama, karena faktor pemakaian terjadi gesekan lagi bagian jok dan tank. Setelah berkaca dari pengalaman, masalahnya ada di bagian atom steaples yang digunakan untuk memasangkan kulit jok. Ternyata bagian atom itu lah yang bergesekan ke tank motor.
    Jadi saran MS, setelah mengganti kulit jol, ada baiknya ditutupi dengan lakban hitam di bagian yang dikelilingi atom steples itu.
   Untuk mengatasi masalah luka korosi biar tank tidak bolong dan terbilang cepat yakni dengan mengandalkan lem plastic steel. Campurkan dua bahan lem putih dan hitam itu sesuai perbandingan di label lem itu. Aduk-aduk sampai kalis, kemudian oleskan ke bagian yang korosi setelah sebelumnya diamplas halus dan dibersihkan. Oleskan dengan merata bisa memanfaatkan bekas plastik simcard.
  Tunggu 15 menit lem pun mengering sempurna. Dan luka korosi di tank pun hilang, karena warna lem hitam yang sama dengan warna tank. Secara estetika juga tidak begitu mengganggu karena yang dilem ada di bagian yang tertutupi jok depan.
   Hal ini MS ketahui juga saat melihat bengkel memperbaiki tank motor yang bocor. Dia mengatakan hanya cara itu yang efektif untuk menambal tank yang bocor, karena terbilang cepat dan mudah. Lem ini juga pernah MS aplikasikan untuk mendempul pada bagian pelipis headlamp yang tergores dalam. (*)

Post a Comment

0 Comments