Subscribe Us

header ads

Dua Part Pulsar Ini Diburu Motorista NonPulsar

SOBAT-sobat bagaimana puasanya lancar jaya toh? Moga di minggu pertama ramadan ini tetap istiqomah tidak tergoda oleh godaan harumnya lezat masakan di siang hari. Dan lelehan es kelapa muda yang begitu menyegarkan kerongkongan tenggorokan kita. Karena kita semua menjalankan ibadah puasa.

Saklar Pulsar 135 bisa menyala di Nmax...nice...
Kali ini MotoStory mau berbagi cerita, sedikit pengalaman unik. Pulsar itu di kenal motor India, tapi bagi mereka yang awan menyangka pulsar itu Mocin, alias motor Cina.
Meski begitu, meski sering diejek, dicaci, dimaki, orang-orang tapi kok ada bagian pulsar yang banyak diburu lho. Padahal mereka para penyempak motor jepun. Alasannya, sederhana kalau bukan barangnya unik tidak ada tandingannya, juga lantaran memiliki kualitas oke punya.

Apakah, gerangan? Sebaiknya simak dulu kisah MotoStory. Waktu anyar-anyarnya MS ngemplang Pulsar dari Beres di kota MS, beberapa bulan ni kuda besi asal India terus jadi bahan perhatian. Terutama pada bagian headlamp, buritan dan aksen-aksen uniknya.
Teman MS, rekan satu kantor pernah terkesan dengan bagian saklar-saklar si gambot tunggangan. "Wah bagus yah, saklarnya kalau malam bisa menyala," gumamnya. Terus dia bertanya, kalau mau beli ni saklar dimana.
Saat, itu masih ada dealer resminya. MS jawab cari aja ke dealer Bajaj mungkin ada partnya. Meski dalam hati saat itu pula MS pesimis tuh barang ready stok. Soalnya waktu motor MS ada trabel di saklar, oleh mekaniknya enggak diganti pakai part baru, tetapi nuker dari motor baru di dealer. Weleh...weleh...weleh... ketersedian part bajaj memang unik dari dulu.
Eh, setelah sekian lama, hingga odo meter menunjukan angka 70000 sekian, dan hingga odometer mati karena korsleting aki, ternyata eh ternyata ni saklar menjadi buruan motorista. Baik motorista India ataupun Jepun.
Boleh diejek motor murahan, tapi kok mereka senang yah dengan partnya? Makanya kalo jadi orang jangan suka mencaci tapi akhirnya toh jatuh hati pula.
Coba cek, di online-online shop berapa harga saklar Pulsar 135 satu-satunya saklar yang bisa menyala yang dikeluarkan Bajaj. Nyaris Rp 250 ribu ke atas. Siapa pasar mereka? Kebanyakan penunggang motor Pulsar 180 ke atas yang masih CBU, agar bisa tanpa CBU (central body unit).
Terus, para penunggang motor Jepun seperti N-Max, Vixion dan lainnya. Biar malam motornya terkesan gagah dan sangar. Mereka rela menukar saklar bawaan pabriknya yang berteknologi motor GP dengan saklar motor murahan asal India. Well...inilah faktanya brohhh.

Lalu, part apalagi yang diburu para maniak motorista dari kuda besi negeri hindustan ini? Di tempat tinggal ane sendiri, awalnya tidak tahu. Tapi setelah masuk ke bengkel sokbreker akhirnya jadi tahu.
Ceritanya begini. Si tukang bengkel heran dengan sokbreker MS yang pakai part aftermarket dan bukan originalnya. "Ini sokbreker aslinya kemana, kok diganti pakai sokbreker tiger aftermarket?" tanya tukangsokbreker waktu menyervis sokbreker itu.
"Saya cabut saya simpan di rumah, soalnya keras enggak enak buat sehari-hari" jawab MS singkat.
"Wah, padahal bawa saja kesini itu masih bisa diakali supaya empuk." kata tukang sokbreker.
"Malahan sekarang banyak yang suka motor trail mencari sokbreker pulsar ini," timpalnya lagi.
"Oh, gitu Mang?" kataku.
"Emang dibeli berapa tuh sokbreker pulsar bekas sama mereka?" tanyaku lagi.
"Bisa tinggi, tidak jauh dari harga barunya. Terus mereka dibawa kesini untuk diservis lagi biar lebih bagus," jawab tukang sokbreker. Katanya bisa dihargai kisaran Rp 400 - Rp 500 ribuan untuk sokbreker pulsar bekas tergantung kondisinya.
"Emang kenapa pilih sokbreker pulsar Mang? tanyaku.
"Kalau buat motor trabas trail atau adventure sokbreker ini mumpuni luar biasa bisa diandalkan, kuatnya," jawab dia.
Denger cerita itu MS nyesek banget, soalnya, sokbreker MS dilego sama temen yang memang bawa motor trabas dengan harga nyesek banget. Penyesalan tiada guna, hanya bisa berdoa semoga bisa dapat lagi sokbreker aslinya lagi.(***)

Post a Comment

2 Comments

  1. Bro.. Ada dijelasin gak gimana cara mengakalin shockbreaker nya supaya bisa lebih empuk?? Trims atas jawabannya

    ReplyDelete
  2. pernah ngobrol sama tukang service sokbreker ternyata bisa dibenerin tuh di tukang servis sokbreker caranya biar empuk..dicoba aja ya...dann dia bilang slma servis sokbreker yang bagus itu ya punya pulsar sama tigor...salam

    ReplyDelete