Subscribe Us

header ads

Pantesan Ada Vendor Sukucadang Pulsar dari China

BELAKANGAN sempat MotoStory membeli secara online salah satu suku cadang PIES berupa diskpad depan. Setelah dilihat, disitu disebutkan kalau part itu made in China. Saat itu, MotoStory tak berpikir apa-apa? Lho kok bisa China membuat part motor India.

Namun, kini akhirnya terjawab sudah. Pantesan saja, ada beberapa part Pulsar made in China. Karena ternyata si Pulsar sudah banyak dikloning di negeri tirai bambu itu dengan bebagai varian kloningannya.

China oh China, negara satu-satunya yang sangat jago bin mumpuni kalau soal kloning-kloningan. Sungguh salah jika China hanya mengkloning motor-motor yang laku buatan Jepang saja atau negara Eropa sana yang super mewah.

Motor sekelas India saja, tak habisnya dijamah China. Seperti motor Pulsar seri 135, 180, bahkan sampai spesies baru Pulsar 200 NS pun tak luput dari upaya mengkloningnya.

Berikut penampakan kloningan P 135 LS:
http://i00.i.aliimg.com/photo/v0/1707300130/2014_hottest_bajaj_135_JD150S_4.jpg

Nyaris secara keseluruhan bentuk rangka dan body sama persis. Hanya di sektor mesin dan kaki kaki ada beberapa kasen yang berbeda. Paling berbeda sekali hanya di bagian dapur pacu yang dibenamkan mesin dengan CC (kalau gak salah 200 CC) yang lebih besar dari aslinya.

Dari sini pikiran liar MotoStory kembali muncul. Jadi kalau susah part dari India sebaiknya para importir sparepart Pulsar mendatangkan saja dari China yang prosesnya tidak seruet dari India he he he (kembali ini hanya opini MotoStory lho).

Berikut penampakan kloningan dari Pulsar 200 NS dengan nama Jida 200:


Tada...benerkan persis si PNS 200 yang kini diberojolin Kawasaki di Indonesia.Yang beda hanya aksen di sepakbor depan dan kaca spion saja. termasuk dapur pacunya juga beda. Rangka dan bodi nyaris bagai pinang dibelah dua.

Salut deh buat China. Berani. Memang tidak ada salahnya menjiplak, asal itu ada perbedaan Menjiplak yang salah adalah yang sama persis tanpa ada perjanjian lisensi. Motor kloningan China ini kategori modifikasi jadi menurut hukum diperbolehkan. (meski memang modifikasinya atau perbedaannya sangat minus di aksen dan kubikasi CC mesin he he h e). Lanjutkan China memang jago.(***)

Post a Comment

0 Comments