Subscribe Us

header ads

Baud Knalpot Pulsar Patah di Km 56.000

KNALPOT memiliki fungsi sebagai pembuang gas pembakaran dari dapur pacu dan menentukan akselerasi sepeda motor. Namun apa jadinya jika knalpot tidak terpasang dengan baik seperti mengalami kebocoran.

Seperti yang dialami MotoStrory tiba-tiba merasakan suara knalpot mendua. Yakin knalpot bocor ternyata dicek seperti gas buang bocor dibagian leher. Maksud hati mau mengencangkan mur baud knalpot, delalah, malah copot.

Akhirnya merasakan juga baud knalpot patah. Dengan sedikit rasa resah, si bongsor pies kesayangan dilarikan ke bengkel kepercayaan. Menurut si amang bengkel eks bengkel resmi bajaj itu, banyak pies yang sekian lama mengalami patah baud knalpotnya.

Dia menyarankan untuk tidak sering bongkar pasang gonta ganti knalpot. Yang bisa mengakibatkan berkurangnya kekuatan baud knalpot.

Selain itu ada satu faktor penyebab mudahnya patah baud mur knalpot pies itu gara-gara knalpot pies yang cukup berat. Sementara knalpot itu hanya dipasang ke body motor dengan satu baud di buritan.

Jadi masih menurut si mekanik, dua baut penahan dileher knalpot terlalu berat menahan beban jadi solusinya harus memodifikasi knalpot dengan membuat dudukan tambahan di bawah mesin ke rangka.

Terus, gimana benerin baud yang patah tadi. Ada dua cara, pertama dengan mentap baud yang patah tersisa di dalam blok mesin. Kedua jika susah ditap maka harus dibor untuk membuat lubang drat baru.

Sebagai catatan, untuk cara pertama tidak perlu membuka bagian blok mesin. Caranya dengan di las mengetap patahan baud yang didalam blok mesin. Jika berhasil, maka dengan mudah baud sisa tadi dikeluarkan. Intinya ngetap itu menyambungkan patahan baud.

Setelah lepas baud patahan di dalam mesin, ganti dengan baud knalpot baru ukuran mur 12 yang memilik drat dari dua ujung-ujungnya. Drat ujung yang satu untuk masuk ke lubang drat mesin. Sementara ujung drat satunya lagi di bagian luar.

Cara kedua dengan mengebor, cara ini diambil jika situasinya tidak memungkinkan untuk ditap karena patahan baud di dalam mesin sulit ditap.(***)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Post a Comment

2 Comments

  1. trus solusinya gmn bro? pies ane dah ganti knalpot racing yg ringan bikinan chuenk tp takut jg suatu saat patah ky pies ente,km pies ane 30rb km,kemrn ane putus rantenya bro,emang usia rante pies brp km bro?

    ReplyDelete
  2. bawa aja ke bengkel bubut yang bisa ngetap,,,kalau rante menurut ane sih tergantung perawatan...biasanya rante ori itu kerap kaku karena menganut o ring...hingga sekarang ganti rante dah dua kali 59000 km...gear baru sekali...gear ori lumayan awet

    ReplyDelete