Subscribe Us

header ads

Suatu Hari Bajaj Pasti Kembali

PARA penyemplak setia kuda besi keluaran Bajaj India seperti Pulsar series akhir-akhir ini dilanda kegalauan. Meski samar, namun hembusan kabar bakal kembalinya pabrikan negeri Hindustan di tanah air semakin santer diperbincangkan di forum-forum situs jejaring sosial.
Sebagian dari mereka ada yang hanya menerima kabar burung ada juga yang menanyakannya ke kantor dan pabrik BAI di Jakarta dan Cikarang.
Menurut kabar burung, ramai disebut-sebut jikalau Bajaj Auto Indonesia (BAI) bakal mengakhiri masa idlenya hingga akhir 2014. Masih menurut rumor ini juga BAI akan kembali buka lapak jualan pulsar series seperti sedia kala.
Nah, soal si gambot Pulsar yang keluar dari perkawinan Bajaj dan KTM, Pulsar 200 NS yang di Indonesia dijual Kawasaki Motor Indonesia dikabarkan juga bakal kembali dijual oleh BAI.
Entah, benar entah tidak namun yang namanya rumor terkadang bisa menghibur atau pun sebaliknya mengecewakan. Dikabarkan lagi, BAI juga tidak hanya bakal menjual Pulsar series tetapi bakal membawa produk lainnya seperti Discover series dan Avenger series yang tongkrongannya layak harley.
Untuk, saat ini mari kita berbaik sangka akan rumor itu. Moga saja, BAI insyaf, dan tidak begitu saja mengecewakan para penyemplak Pulsar yang notabene sekarang semakin menjamur.
Rumor lainnya berkembang menyebutkan kalau, BAI tetap almarhum. Namun, produk-produk Bajaj bakal tetap dijual di Indonesia di bawah Bajaj Auto India langsung. Singkat cerita buka cabang.
Seperti kita tahu banyak rumor juga yang membuat BAI idle di tahun 2013. Di antaranya karena BAI dianggap mengecewakan Bajaj Auto India karena tidak bisa memenuhi target penjualan. Padahal kalau target tercapai Bajaj bakal buka pabrik di Indonesia.
Rumor lain, menyebutkan kalau sebenarnya Bajaj Auto India yang membuat kecewa BAI. Lantaran produk anyar mereka Pulsar 200 NS dijual oleh Kawasaki. Hm...mana yang bener nya.
Biar sobat MotoStory tambah galau, ada satu lagi rumor yang berkembang kenapa BAI idle dan siap-siap angkat kaki dari Indonesia. Ada yang meyakini, BAI sengaja digembosi karena mengancam bisnis dan menjadi kompetitor serius pabrikan main stream di Indonesia.
Tahu, sendiri produk-produk Bajaj ini benar-benar bisa mematikan produk pabrikan main stream di lever sport. Intinya di level ini sudah masuk ranah politik perdagangan.
Ada juga yang menyebutkan kalau BAI bubar karena kalah di meja hijau dalam perkara twin ignition dengan mopang berlogo sayap itu. Daripada semakin disudutkan dan diperkarakan terus maka tidak ada cara lain selain bubar.
Terlepas itu, semua MotoStory yakin suatu saat Pulsar series bakal masuk lagi ke Indonesia. Karena kalau berkaca dari sejarah produk-produk Bajaj India masuk Indonesia mengalami pasang surut.
Sebelum banyak mengaspal Pulsar series, telah lebih dulu dijual Kawasaki Binter yang nota bene ini produk Bajaj yang dijual CV Bintang Terang. Pada masa itu belum ada BAI. Terus adalagi Vespa Bajaj, scooter Vespa yang dibuat di India oleh Bajaj sama bisa masuk Indonesia. Produk ini juga sama sekali bukan dijual BAI. Termasuk dengan Bajaj roda tiga mungkin. Toh, meski BAI tiada ketiga moda transportasi jebolan Bajaj India itu masih mengaspal hingga kini.
Nah, MotoStory yakin, kedepannya produk Bajaj bakal terus masuk dan dipasarkan di Indonesia. Meski BAI bubar, Bajaj India tidak akan tinggal diam saja melepas pasar otomotif Indonesia yang begitu besar dan masih menggoda.
Seperti, saat ini, meski BAI idle tak jualan, namun produk Bajaj masih dijual meski lewat Kawasaki, sedikit mengulang sejarah lama Bajaj-Kawasaki pada saat mengeluarkan Kawasaki Binter.
Dan pada suatu hari nanti tidak mungkin selamanya Kawasaki mau dirempongin Bajaj si anak angkatnya itu. MotoStory yakin ini hanya sementara waktu saja. Apalagi, kini Bajaj semakin tangguh setelah terus menerus memperbesar saham kepemililkannya di KTM. (***)

DAPATKAN PROMO MENARIK E-BOOK KLIK DISINI














Post a Comment

6 Comments

  1. Akhir 2014 mau balik??? skrg udah mau akhir 2015 :(

    ReplyDelete
  2. balik gk balik yg pnting qua dpt pulsar baru widih lebih muantasp

    ReplyDelete
  3. Ini base on data or hanya hipotesa pribadi aja bro?

    ReplyDelete
  4. SAYA menghipotesa dari base data dan terbaru di blognya Iwan Banaran sekarang muncul kabar BAI akan kembali...so kita tunggu saja...sejak awal kedatangan Bajaj di Indonesia timbul tenggelam berganti-ganti cara dan wajah... cek aja langsung ke TKP nya BRO he he he http://iwanbanaran.com/2014/12/30/bai-pertimbangkan-untuk-berdiri-kembali-diindonesia/

    ReplyDelete