Subscribe Us

header ads

Ada Suara Asing di Cakram Depan Pulsar

Sektor pengeraman pada kuda besi Pulsar 135 aka Pies memiliki fungsi vital. Pada saat pengereman rem depan wajib ikut ditekan untuk membantu rem tromol belakang seperlunya.

Nah, rem depan pies ini sudah mengaplikasikan disk brake. Teknologi rem cakram ini cukup mumpuni apalagi rem cakram pies diklaim sangat efektif membantu pengereman dengan diameter cakramnya yang lumayan besar yakni 240mm.

Nah, sayang jika sobat MotoStory mendapati gejala-gejala aneh saat pengereman cakram depan, bisa jadi hal ini yang patut dicurigai dan dicarikan solusinya:

1. Saat enak riding pies jwing...jwing...jwing menyalip kendaraan lain nyaris tak bersuara, pas mau berhenti dan mengerem malah terdengar suara jeletok...jeletuk. Pokoknya ada suara dari hentakan tidak sempurna di bagian rem cakram. Itu bisa jadi kanvas rem cakram aka diskpadnya kotor.

Solusinya, coba pada saat menyeteam pies di tempat cucian motor minta disemprot tuh di bagian kanvas cakram agar kotoran-kotoran yang menempel luntur.

2. Nah, jika sobat MotoStory habis disemprot juga gejala suara-suara aneh di rem depan itu tidak hilang, dipastikan kanvas remnya sudah habis. Solusinya pergi ke bengkel terdekat dan minta diganti kanvas rem cakram depannya. Niscaya pengereman depan lancar jaya.

Namun, sobat MotoStory patut tahu kasusnya juga tak sesederhana itu. Kadang kala disk brake suka macet. Macet ini juga bisa saja karena bejibunnya kotoran, apalagi jiga pies mania kerap menerjang banjir dan jalan berlumpur.

Namun, pada kasus lainnya, macet ini bisa jadi kaliper kurang terpasang sempurna. Solusinya tinggal bongkar dan sesuaikan kaliper sesuai dudukannya.

Bisa juga, oli remnya sudah aus atau berkurang. Nah, solusinya tinggal ganti oli rem atau istilahnya kuras oli rem. Kalau itu semua tidak membuahkan hasil, patut curiga, cakramnya sudah aus atau mengalami kecacatan karena pernah terjatuh atau cacat karena gembok rem cakram.(***)

DAPATKAN PROMO MENARIK E-BOOK KLIK DISINI

Post a Comment

0 Comments