Subscribe Us

header ads

Astaga Oli Bocor dari Celah Busi Kanan

BOCOR...bocor...bocor.... Apalagi nih yang bocor? Tanya MotoStory terkaget-kaget saat manasin pies kesayangan pagi-pagi. Sedikit larak-lirik ke samping kanan mesin, persis di bagian celah busi kanan ada lumeran oli bocor meski tidak terlalu banyak.

Saat diperhatikan dengan seksama dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, MotoStory yakin, bocornya oli bukan dari gasket head tetapi dapat dipastikan dari celah selongsong busi kanan itu. Soalnya, diperhatikan sekali, oli keluar dari lubang baut kecil pengunci selongsong busi kanan.

Hadeuh..., dalam pikir Moto Story ada-ada saja penyakit si bongsor yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ketiga dengan dikasih hadiah stang seher baru dan ring seher baru. Sepertinya hadiah yang diberikan masih terasa kurang dan masih butuh beberapa sentuhan lainnya.

Dianggap tidak perlu pergi ke bengkel, MotoStory memutuskan untuk membuka busi kanan dan selongsonynya. Cukup simple dan mudah dilakukan asal ada kunci pembuka busi kanan, dan kunci L kecil pembuka kunci selongsong busi kanan yang berada di bawahnya.

Ups, satu lagi alatnya sobat MotoStory semua, yakni tang buat mencabut selongsongnya. Singkat cerita, busi sudah dikeluarkan, kunci selongsong sudah dilonggarin.

Benar, saja setelah dicabut selongsongnya ada lumeren oli di sekitar rumah selongsong busi. Untung oli bukan dari lubang busi. Kalau dari lubang busi, cilaka dua belas kata Mang Kabayan mah. Jadi, MotoStory pastikan olinya bukan keluar dari drat busi.

Langkahnya, cari lap bersih untuk membersihkan oli di rumah selongsong. Bersihkan juga selongsongnya dengan bensin. Baru deh, ambil lem Threebond, oleskan ke bagian selongsong dan rumah selongsong yang telah dibersihkan tadi.

Langkah terakhir, benamkan kembali selongsongnya ke dalam celah busi. Jika kurang mendem wong Solo bilang, ya dijitak dikit pakai kepala tangk. Jika terasa cukup, kencangkan lagi pengunci selongsong pake kunci L kecil. Oke, begitu saja kok repot.

Dengan cara tadi moga-moga saja tidak bocor lagi. Ya, kalau masih bocor, saatnya ganti selongsong baru dah. (***)

DAPATKAN PROMO MENARIK E-BOOK KLIK DISINI

Post a Comment

6 Comments

  1. kejadiannya sama persis motors hsx125 saya

    ReplyDelete
  2. Wahh Bang kalo olinya keluar dari lubang busi berarti kenapa tu ya? Saya beberapa waktu lalu memang habis servis untuk stel klep dan cek suara mesin yang krotok-krotok, ternyata dibilang saya harus ganti rantai keteng tu, juga kmrn ganti rumah selongsong businya karena udah kemakan rumahnya (ada bekas spt gesekan di bgn luar rumah selongsong businya, spt nya kena rantai keteng)..
    Alhasil klep pun distel ulang dan kata teknisinya penyebab suara krotok-krotok tu adalah rantai keteng yg harus diganti...
    Mohon pencerahannya Bang..

    ReplyDelete
  3. penyakit pulsar 135 memah sering minta ganti di keteng sama lidah sama stelannya...

    ReplyDelete
  4. Wahh iya ya Bang?? Trims buat infonya.
    Untuk kabel gas 135 tu bisa disubstitusi gak ya Bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba pake punya vixion lama...cuma besinya yg ke saklar pk yg bwaan pulsar...tpi kawatnya diujung pk niple kcil

      Delete