Subscribe Us

header ads

Ganti Ban Pulsar Beda Merek Satu Tipe Beda Ukuran

Jangan sampai kecele deh sobat MotoStory jika mau berniat ganti ban untuk diaplikasikan pada pulsar kesayangan sekalian. Karna faktanya karakter ban itu beda merek satu tipe ternya ukuran besarnya beda lho.


Ini juga sempat dialami MotoStory sewaktu mau mengganti ban belakang pulsar 135. Sedikit observasi di tempat nongkor pulsar mania ternyata ada yang mengaplikasikan ban lebih besar dari standar. Misalnya untuk ban belakang memakai ukuran 120/80 dan memang big looking.

Pengalaman MotoStory bisa sobat jadikan pengalaman agar sewaktu ganti ban lebih besar tidak ada ubahan. Karena salah merek.

Waktu itu MotoStory pilih Corsa 120/80 untuk belakang. Eh setelah dipasang ternyata karakternya lebar sekali ban Corsa ini. Al hasil tepi ban sedikit beradu dengan bagian dalam sepakbor kolong.

Mengatasinya kepaksa deh, si tukang ambil gergaji besi untuk memapas sedikit bagian yang nyangkut itu. Nyesel juga sih sampe harus ada ubahan. Tapi untungnya gak terlihat karena yang dipapas di bagian dalam.

Tetapi, ternyata kalau pakai merek lain dengan tipe sama 120/80 ternyata sangat pas tidak ada ubahan sama sekali, misal pakai FDR atau Batllax.

Jadi solusinya, kalau ingin tetap pakai Corsa mending pakai tipe 110/80 kalau disamakan dengan merek lain yang 120/80 nyaris sama persis.

Begitupun untuk ban depan kalau niat besarin dari standar misal ke 100/80 turunkan setingkat menjadi 90/80 atau kalau tampak tinggi bisa pakai 90/90. Namun tetap saja besi penahan sepakbor depan dicopot, karena kalau tetap dipasang yang macet.(*)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Post a Comment

0 Comments