Subscribe Us

header ads

Servis Besar Pertama Pulsar 135 di Km 30000


JUDUL di atas bukan judgement tetapi hanya sebuah antisipasi saja takut-takut di sekian lama pulsar 135 pies mania ada gejala berarti di bagian dapur pacu. 

Bukankah mengantisipasi lebih dini lebih baik daripada menyesal di kemudian hari. Karena motor itu menurut MotoStory laksana bayi mungil yang butuh ketelatenan dari penunggangnya.

Sebagai kendaraan yang dipakai setiap hari baik untuk bekerja ataupun hobi di angka 30 ribu sepertinya pas untuk servis besar. Angka itu dari pengalaman MS ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 tahun.

Perlakuan saat servis besar ini tidak ada cara lain selain membuka tutup blok mesin atas. Kebetulan saat itu, mesin sedang meler karena karet gasket cover silinder aus. Saat dicek ternyata ada beberapa part yang layak diganti.

Pertama, rantai camrat alias keteng sudah kendor gejalanya suara kasar dan tidak bisa disetel tensioner. Diganti pakai part original seharga 70 ribu kalau gak salah.

Kedua, lidah keteng sepasang ikut diganti karena sudah terlihat jelas sobek tanda mau diganti.
Ketiga, bearing atau laher noken as juga ikut diganti untuk menghilangkan suara kasar mesin.
Saat dicek kondisi piston di angka itu tidak ditemuka goresan di silinder. 

Hanya saja MotoStory menemukan sisa-sisa pembakaran di kepala piston. Kata mekanik harus dipolish--menghilangkan kerak sisa pembakaran tadi. Diikuti dengan meratakan kembali dudukan klep dengan cara diskir.

Masuk bengkel jam tujuh pagi selesai servis besar jam tengah hari. Hasilnya cukup memuaskan gejala mesin sulit langsam hilang, suara jadi halus dan kembali berdesing khas pulsar.

Ups, soal biaya pastinya MS lupa lagi namun karena tidak banyak yang diganti plus ongkos servis besar 90 ribu dan uang tip sebungkus rokok total sekitar 300 ribuan.(www.moto-story.blogspot.com)


Post a Comment

5 Comments

  1. itu service di bengkel resmi pulsar gan?

    ReplyDelete
  2. tinggalnya dmn gan...buka aja gruop pulsar di medsos banyak info bengkel non beres yg mumpuni...salam...

    ReplyDelete
  3. bukan gan di bengkel umum tapi mekaniknya eks beres paling diandalkan sih

    ReplyDelete
  4. Permisi gan,
    boleh minta kasih tau didaerah mana itu bengkel yg agan ceritain diatas?
    salam.

    ReplyDelete