Subscribe Us

header ads

Ganti Bendik Pulsar 135 Pakai Honda Grand

Pengalaman ganti relay stater atau bendik pada pulsar 135 LS ini benar-benar pengalaman yang menakutkan sekaligus menegangkan. Bagi para pulsarian harap bisa lebih berhati-hati dan tidak sembarangan dalam mengganti part elektrik atau kelistrika dari pies ini.
Soalnya, alih-alih motor ingin sehat wal apiat malah terjadi kebakaran gara-gara korsleting dari si bendik yang tidak sesuai atau malafungsi.
Pengalaman MS berawal ketika pies MS sulit dan berat sekali untuk distater elektrik. Pernah diakalin dengan cara menambah massa dengan memasang kabel tambahan massa ke rangka motor, tapi cara ini tidak lama mengatasi.
Hingga akhirnya sama mekanik MS diputuskan untuk mengganti bendiknya yang berada di sebelah kiri motor tepatnya di bawah tangki.
Karena sudah bukan rahasia lagi sukucadang motor India ini langka apalagi bagi para pies yang tinggal di daerah, maka penggantian sukucadang yang satu ini hanya mengandalkan kepintaran mencari part substitusi. Diputuskanlah sama mekanik diganti dengan bendik dari motor Jepang Honda Tigor.
Yang perlu diperhatikan saat pemasangan yakni tetap menggunakan kabel sambungan dari bendik asli pies. Jadi kabel konektor bendik Tigornya digunting diganti bawaan pies.
Setelah dipasang, memang sempat tidak terjadi masalah berarti. Hanya saja sempat ada suara-suara aneh yang sempat tidak hilang beberapa saat.
Rupanya hal ini yang kurang diperhatikan MS. Munculnya keanehan itu adalah ciri kalau part bendik KW Tigor itu kurang cocok. Karena masih awam akhirnya suara itu hilang dengan sendirinya. Sebab kata mekanik itui gejala penyesuaian saja.
Selang beberapa bulan, MS mendaptkan gejala suara bendik yang tidak hilang sementara mesin motor tidak mau hidup. Dan kecemasan pun melanda, nyaris agak lama gejala itu hingga sempat keluar asap dari kabel yang menyambung ke aki motor.
Dengan spontan MS langsung memutuskan memotong kabel dari aki yang menyambung ke bendik. Dengan cara itu suara korsleting di bendik teratasi. Dan asap ngebul dari kabel pun hilang dengan sendirinya.
Akhirnya pies kembali dibawa ke bengkel dan akhirnya si bendik diganti lagi kali ini pake bendi bawaan Honda Grand yang semi original.
Dari hasil observasi sebenarnya banyak part pengganti bendik pies ini dari mopang. Beberapa penyemplak pies ada yang menyarankan untuk memakai bendik orsinil dari SGP. So, jika mengalami hal itu jangan panik dan tetap tenang.
Saran MS sih kalau ganti part kelistrikan si pies lebih baik pakai yang orisinil. Kalau toh terpaksa harus pakai part lain pakailah yang orisinal jangan yang KW seperti pengalaman MS.(*)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Post a Comment

0 Comments