Subscribe Us

header ads

Plus Minus Pakai Master Rem Substitusi

SUBSTITUSI atau alternatif tidak akan pernah lepas dari keseharian para biker. Tak mengenal komunitas fanatisme dan gengsi. Semua penyemplang motor pasti sudah mencoba menjejalkan part yang bukan berasal dari pabrikan bawaannya tetapi ternyata bisa masuk dipasang dan tidak memberikan pengaruh buruk secara signifikan.

Ya, part substitusi adalah alternatif. Kali ini MotoStory ingin sedikit mengupas soal substitusi master rem buat bajaj pulsar. Apakah bisa part master rem ini yang berada sebendel dengan tuas rem depan ini diganti dari part motor lain?

Jawabannya, tentunya sangat bisa. Apa saja master rem yang bisa dipasangkan di motor bajaj pulsar ini? Nyaris semua master rem bisa diaplikasikan. Hanya saja kali ini MS akan ulas beberapa saja yang memang sudah banyak dipakai dan diaplikasikan para biker pulsar.

1. Master rem Supra lama. Dari pengalaman para biker pulsar mengaplikasikan master rem supra lama ini sensasi pengeremannya lebih enak dibanding master rem bawaan bajaj yang dikenal keras. Selain empuk, daya pengeremannya pun juga yahud. Nyengkram bingits.

Hanya saja, minusnya, dudukan spion kalau mengaplikasikan master rem ini bakal jomblang antara spion kiri dan kanan. Karena dudukan spion bawaan bajaj persis di atas bar stang, sementara dudukan spion supra lama di samping tabung minyak rem yakni di depan bar stang. Yups..pilih estetika atau fungsi. Monggo pilih sendiri, Mas, Dub, Kang, Uda, Beli???

Satu lagi, Mas Bro... kalo pasang master rem supra spion bawaan pulsar tidak bisa dipasang di master remnya,karena ulir drannya beda. Ya kalo mau pasang spion harus dipasang pake spion yang sesuai dengan ulir dratnya.

2. Master rem dari Yamaha. Keunggulan, karena ulir drat pada dudukan spion master rem yamaha sama dengan ulir drat bajaj, dipastikan spion bawaa bajaj bisa dipasang pada dudukan spion master rem bawaan yamaha.

Hanya saja, lagi-lagi secara estetika, masalah enak tidaknya dipandang, jadi pertimbangan lagi. Mengingat dudukan spion bawaan Yamaha ada beberapa yang di samping tangki oli master rem, di depan bar stang.

Namun, belakang MS berhasil mensurvei, kebetulan kakak MS baru beli Jupiter MX dudukan spionnya sama seperti bajaj tepat di atas bar stang bukan di depannya/di samping tangki oli rem.

Dan sekarang penggantian master rem depan bajaj pulsar dengan master rem Jupiter Z lagi havening. Soalnya setelah diaplikasikan tidak ada rubahan apapun betul-betul PNP atau cucok.

Minusnya, sensor lampu rem belakang dari master rem tidak nyantol. Ya, secara fungsi oke, estetika oke, tetapi keamanannya agak sedikit minus.(***)

DAPATKAN PROMO MENARIK E-BOOK KLIK DISINI

Post a Comment

9 Comments

  1. Mau nanya,ganti punya yamaha bener2 pnp ga perlu ganti selang?jupiternya yg lama atau baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap gak PNP 100 persen gan...harus ada penyesuaian...jupiter Z gan...tapi yg banyak diaplikasikan master rem supra lama gan...selangnya bisa pake selang bawaan...

      Delete
  2. pada prinsipnya master kaliper apa saja bisa diaplikasikan tinggal butuh penyesuaiannya saja...knapa yamaha,,,karena uril drat dudukan spionnya sama dgn bajaj...kalau paka pura juga bisa cuma uril drat spion tidak sama,,,ya kepaksa pake spion supra sejenisnya...CMIW

    ReplyDelete
  3. Brarti klo pke pnya jupiter z, selang'nya hrs pake jupiter z juga ya? Gak bisa pake selang pulsar 135,

    ReplyDelete
  4. Brarti klo pke pnya jupiter z, selang'nya hrs pake jupiter z juga ya? Gak bisa pake selang pulsar 135,

    ReplyDelete
  5. Kalo kaliper depan bisa ganti pake punya apa ya?

    ReplyDelete
  6. Kalo kaliper depan bisa ganti pake punya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaliper pulsar series bisa diaplikasikan gan...kalo merek motor lain pun bisa...cuma butuh penyesuaian saja bikin adaptor kaliper...banyak yang pake supra,,,smash,,,dll

      Delete