Subscribe Us

header ads

Ini Cara Ngakalin Lubang Busi yang Slek untuk Pemula

WIDIH emang ada cara ngakalin buat expert gitu? Weleh-weleh ada-ada aja si om gambate? Mungkin itu kali reaksi pembaca postingan kali ini. Udah tak usah dibahas pemula nya di situ hanya menjadi aksen bahwa semua orang siapa saja yang baru mengalami masalah slek lubang busi di motor.

Masalah slek drat lubang busi adalah masalah serius dan kronis. Jika dalam tingkat parah, slek drat lubang busi bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Yakni terlemparnya busi dari rumahnya dan mengenai kaki. Busyeet sakit banget tuh. Sama kali dengan ditembak peluru air softgun?

So, jadi harus lebih hati-hati lagi ya. Lebih baik dari sekarang cek lagi pastikan lubang businya masih oke. Kalau dipasang gak kenceng-keceng so pasti itu sudah slek bin dol borodol. Jika dipaksakan dalam kondisi slek busi dibenamkan, awas hati-hati, kompresi hilang dan mesin tidak akan mau hidup.

Seperti yang dialamin MS dengan si gambate. Di usianya yang lima tahun akhirnya lubang busi keperawannya hilang. Dan harus dibuat perawan lagi biar businya betah.

Sebelutnya ada tips ringan untuk mengatasi masalah slek busi tahap pertolongan pertama. So ini dilakukan jika dalam kondisi darurat jauh dari bengkel atau mungkin belum ada anggaran buat pergi ke bengkel.

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Kunci busi
2. Serpihan plat kecil saja sekitar 5 mm tipis kurang dari 1 mm (ini bakal dijadikan ganjal drat busi dan rumah busi di blok)
3. Lem besi/plastik (plastic steel) ada juga yang sejenisnya
4. Obeng min jika diperlukan buat colek2 lem.

Caranya:
1. Buka busi pake kunci busi
2. Campurankan dua jenis plastic steel (putih dan hitam)
3. Oleskan ke drat busi
4. Masukan dan cantolkan serpihak plat kecil tadi di lubang busi
5. Masukan busi ke rumahnya

Catatan: Kalau sudah bisa kencang berarti drat sementara yang terbuat dari ganjalan serpihan flat tipis berfungsi dengan baik. Terus apa fungsinya lem tadi? Lem tadi dimaksudkan untuk menutup celah kebocoran kompresi biar joss.

Itu tips mengakalin lubang busi yang slek untuk tingkat pemula. Nanti bersambung ke tingkat ekspert ya.(bersambung)

DAPATKAN PROMO MENARIK E-BOOK KLIK DISINI

Post a Comment

21 Comments

  1. serpihan tipis kurang 1 mm dapat dimana ? atau kaleng cocacola bisa ndak

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk motor matic apa kah sama seperti ini masalah nya motor saya tidak mengalami hal yg di atas .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slama businya nempel di blok sy rasa bs ditrapkan...tp ini hnya solusi smntra...baiknya bawa ke tukang bubut dibuatkn drat baru lg...

      Delete
  3. kl lepas businya susah tidak? karena pakai lem besi. ☺terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kan sudah doll lobangnya he he he sama2...salam

      Delete
    2. Kan busi tidak dilem ama lobangnya
      Yg dilem itu lobang ama plat tipis,jadi busi tetap bisa dilepas

      Delete
  4. Kalo g mempan, ganti busi lebih gede bisa gak bang pulsar 135 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba...perlu dipraktekan...cari cara aman dulu saja bro..yang penting busi gak nembak...bsa berabe

      Delete
  5. sebaiknya dilubang lagi ke tukang bubut gan...tpi kl masih amn2 sja pake busi lbh gede..cuma jangan yg panjang takut mentok...

    ReplyDelete
  6. Busi yg agak besar dari busi motor vega r opo mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. busi buat pulsar 135 pake busi jenis motor bebek yang pendek...bisa pake vega juga...kalao yg lebih besar...dicari sja di bengkel barangkali ada...

      Delete
  7. malah ketelen om lempengan cocacolanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kurang rekomen sih..harus benar2...kl sy serpihannya dikit saja gak begitu masuk ke dalam..terus dilem pake lem besi agar nempel ...jadi antisipasi ketelen...tetp kurang rekomen cari ini

      Delete
  8. Bang kalo busi di pasang miring terus sma susah masuk nya gi mna cara?,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipaksain pasang miring...usahakan sesuai alur drat lurus...kalau dipaksa miring masuk tetep cuma resiko slek jadi gede...

      Delete
  9. Kalo saya Q ganjal pake Kayu jdi kepala busy di tengah yg di atas harus mentok besi rangka motor ( satria Fu )

    ReplyDelete
  10. Kalo saya Q ganjal pake Kayu jdi kepala busy di tengah yg di atas harus mentok besi rangka motor ( satria Fu )

    ReplyDelete
  11. wah...bisa dicoba gan...trimakasih infonya...

    ReplyDelete
  12. Kalo di lem,bisa di copot lagi ga?

    ReplyDelete