tips and trick seputar Bajaj Pulsar 135 sejarah sepeda motor India masuk Indonesia

Powered by Blogger.

Ini Cara Ngakalin Lubang Busi yang Slek untuk Pemula

WIDIH emang ada cara ngakalin buat expert gitu? Weleh-weleh ada-ada aja si om gambate? Mungkin itu kali reaksi pembaca postingan kali ini. Udah tak usah dibahas pemula nya di situ hanya menjadi aksen bahwa semua orang siapa saja yang baru mengalami masalah slek lubang busi di motor.

Masalah slek drat lubang busi adalah masalah serius dan kronis. Jika dalam tingkat parah, slek drat lubang busi bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Yakni terlemparnya busi dari rumahnya dan mengenai kaki. Busyeet sakit banget tuh. Sama kali dengan ditembak peluru air softgun?

So, jadi harus lebih hati-hati lagi ya. Lebih baik dari sekarang cek lagi pastikan lubang businya masih oke. Kalau dipasang gak kenceng-keceng so pasti itu sudah slek bin dol borodol. Jika dipaksakan dalam kondisi slek busi dibenamkan, awas hati-hati, kompresi hilang dan mesin tidak akan mau hidup.

Seperti yang dialamin MS dengan si gambate. Di usianya yang lima tahun akhirnya lubang busi keperawannya hilang. Dan harus dibuat perawan lagi biar businya betah.

Sebelutnya ada tips ringan untuk mengatasi masalah slek busi tahap pertolongan pertama. So ini dilakukan jika dalam kondisi darurat jauh dari bengkel atau mungkin belum ada anggaran buat pergi ke bengkel.

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Kunci busi
2. Serpihan plat kecil saja sekitar 5 mm tipis kurang dari 1 mm (ini bakal dijadikan ganjal drat busi dan rumah busi di blok)
3. Lem besi/plastik (plastic steel) ada juga yang sejenisnya
4. Obeng min jika diperlukan buat colek2 lem.

Caranya:
1. Buka busi pake kunci busi
2. Campurankan dua jenis plastic steel (putih dan hitam)
3. Oleskan ke drat busi
4. Masukan dan cantolkan serpihak plat kecil tadi di lubang busi
5. Masukan busi ke rumahnya

Catatan: Kalau sudah bisa kencang berarti drat sementara yang terbuat dari ganjalan serpihan flat tipis berfungsi dengan baik. Terus apa fungsinya lem tadi? Lem tadi dimaksudkan untuk menutup celah kebocoran kompresi biar joss.

Itu tips mengakalin lubang busi yang slek untuk tingkat pemula. Nanti bersambung ke tingkat ekspert ya.(bersambung)

2 komentar:

Unknown said...

serpihan tipis kurang 1 mm dapat dimana ? atau kaleng cocacola bisa ndak

MOTOSTORY said...

ya semacam itu Bro ...salam

Post a Comment