Subscribe Us

header ads

Pulsar Gak Mau Distater Ketok Bendik Tiga Kali

Masalah kelistrikan akhir-akhir ini mulai melanda MotoStory. Dari mulai motor berebet di putaran atas hingga mesin tidak bisa hidup dengan distater.

Padahal, motor baru diservis rutin dan karbu sepertinya no problemo. Maka MotoStory pun mencurigai ada masalah dalam kelistrikan. Satu persatu bagian kelistrikan diperiksa.

Termasuk dengan beberapa sambungan soket. Setelah diselediki beberapa saat, ternyata soket ke koil busi kanan, longgar. Nah, sobat MotoStory cuma perlu menyempurnakan pemasangan soket koil saja. Kalau longgar, bisa diakali dengan sedikit mencukil tembaga soket dalam agar menyempit lagi lubang soketnya.

Hasilnya, motor pies kita jadi tidak brebet lagi. Usai masalah brebet gara-gara soket koil longgar teratasi, masalah berikutnya muncul. Mesin tidak bisa hidup dengan stater.

Gejala umum, awalnya masih bisa distater, setelah dibawa jalan, saat mau distater lagi bisa hidup tapi agak berat. Parahnya, sama sekali tidak terdengar suara mekanisme kerja stater.

MotoStory sempat curiga aki sudah soak, namun saat dicek dengan menyalakan lampu utama dan klakson semua normal. Yang berarti aki masi bagus.

Akhirnya MotoStory kembali mencurigaki si bendik alias switch stater yang berada di bawah aki. Cara mengetesnya apakah bendik masih bekerja atau sudah loyo, bisa diketahui lewat menjumper dua kutub bendik.

Gunakan obeng, dalam keadaan kunci kontak on. Dengan obeng, tempelkan di salah satu kutubnya. Lalu secara perlahan ujung obengnya kenakan ke kutub satunya lagi. Jika mesin hidup dengan dijumper berarti ada masalah di bendik ini.

Jangan, buru-buru ganti bendik. Lakukan cara sederhana berikut. Yakni dengan mengetok-ngetok dua kutub bendik dengan kepala tang atau palu kecil. Cukup tiga kali saja masing-masing kutub.

Coba, distater! Kalau mesin hidup berarti bendik masih bisa ditolong dengan ketokan ajib ini. Sebaliknya jika motor membisu, sepertinya harus beli bendik baru.(*)


DAPATKAN PROMO MENARIK E-BOOK KLIK DISINI

Post a Comment

12 Comments

  1. kalau ganti bendik kira2 berapaan dan ada saran ga bengkel pulsar di bekasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti bendik bs pke grand atw tiger yg kw super jg oke...cuma potong soket gnti pke soket bawaan pulsar...

      Delete
    2. Harga kusaran 40-60 rb yg lokal

      Delete
    3. Kalo bendik Pulsar 200ns bisa pake bendik apa yah gan?

      Delete
    4. Waduh jujur gak tahu...tapi coba aja copot bawa ke bengkel yg komplit kali aja ada persamaannya...tapi di online shop banyak yg jualan...coba saja moga membantu...salam...

      Delete
  2. Kalau siatarter hidup tapi mesin g nyala langsung aki tekor pdhal aki baru di cas apa nya yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. patut dicurigai regulator atau kiproc...cek juga soket soketnya...

      Delete
  3. Kalau kunci kontak on lampu spedometer ngga nyala dan ngga bisa d stater stelah d nyalakan menggunakan engkol dan kendaraan hidup stater berpungsi dan aki padahal baru. Mhon pencerahannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman MotoStory dulu sewaktu spidometer masih hidup pernah ngalamin...masalahnya ada di sekitar sekring...yang ada di bawah jok belakang atau di bawah jok depan..belakang aki...di cek aja...atau beli dulu sekring tabung 10 ampre kl gak salah...moga membantu,,,

      Delete
  4. Motor Pulsar 180 gakbisa distater padhal aki baru sebelumnya idup bendik gak masalh dinamo ok kata montirnya BCU nya bermasalah apaiya gan mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  5. Motor Pulsar 180 gakbisa distater padhal aki baru sebelumnya idup bendik gak masalh dinamo ok kata montirnya BCU nya bermasalah apaiya gan mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MS pernah ngalamin...aki baru...gak bisa distater...bendik masih oke...MS cek kabel-kabel yg ke aki...ada kabel yg aus ke kutub positif..kecil kabel hitam..disambungin lagi..nyala lagi...coba cek perkabelan dulu..jika semua baik..bisa jadi BCU...berhubung P 135 tidak pake BCU...jadi kurang paham dengan P 180 bisa jadi BCU (body control unit)...dari bengkel langganan,,,banyak yang copot BCU ganti pake kelistrikan seperti TIGER...moga membantu..

      Delete