Subscribe Us

header ads

Musim Hujan Datang Pasang Sepakbor Alternatif

Pastinya sobat MotoStory jengkel, saat asyik berkendara cuaca tak bersahabat. Apalagi sekarang hujan turun sulit ditebak dan kadang bersifat lokalan.
Sebagian sobat semua ada yang memilih tetap riding di tengah guyuran hujan. Satu hal, yang selama ini dialami MotoStory dengan pies kalau riding saat hujan, cipratannya dari roda belakangnya minta ampun.
Ditambah si bongsor, melibas jalanan yang tak semuanya aspal, kadang tanah kadang pasir atau lumpur. Wal hasil buritan si bongsor tak cantik lagi alias ternoda.
Meskipun, pakai bawaan mudguard, bagi pies keluaran awal, tetap saja mudguard tak banyak membantu. Kecuali bagi pies yang edisi selanjutnya yang pada mudguard belakangnya sudah dikasih topi.
Nah, untuk membantu melindungi buritan pies dari cipratan saat hujan atau melindas medan basah ada beberapa pilihan.
Pertama, bisa memindahkab topi sepakbor depan dipasang ke mudguard belakang. Atau, jika tidak ingin main pindah pindah posisi, bisa mengalikasikan topi sepakbor GL ke mudguard belakang.
Kedua, dengan mengaplikasikan sepakbor dari motor lain. Beberapa sepakbor yang bisa diterapkan pada pies yakni, sepakbor MX, CS1, Vario lama, dsb.
Syaratnya tergantung kreatifitas sobat MotoStory semua, pinter-pinter menerapkannya tentunya dengan beberapa ubahan, dari mulai mempangkas bagian tak dibutuhkan sampai membuat lubang dudukan dan braket tambahan.
Pilihan lainnya jika sobat MotoStory ogah ribet banyak penyesuaian, MotoStory sedikit berbagi pengalaman dengan mencomot sepakbor Apache 160 di buritan pies.
Sepakbor Apache ini dari sisi bentuk bisa langsung diaplikasikan secara PNP di braket bawaan sepakbor pies. Berikut langkah-langkahnya.
1. Copot pelat nomor belakang dari braketnya.
2. Lepas juga dudukan pelat nomor dengan melepas dua baut di dalam.
3. Letakan sepakbor apache di bagian dua lubang tadi, lalu perhitungkan untuk membuat dua lubang baru di sepakbor yang disesuaikan jaraknya dengan dua lubang yang di braket.
4. Lubangi sepakbor dengan solder.
5. Pasangkan sepakbor lalu kunci dengan memasangkan pelat dudukan pelat nomor, ikuti dengan mengencangkan baud dari dalam.
6. Pasang kembali pelatnomor di atas sepakbor apache yang sudah terpasang.
7. Mata kucing bawaan dilepas dan dipasang di sepakbor apache. Selesai.
Hasilnya, menurut MotoStory dari sisi profan lebih melindungi, begitupun dari harmonisasi modifikasi lebih mempercantik. Mungkin bisa juga karena sama-sama dari Indihe jadinya mudah dipadupadankan. Antara pulsar dan apache.
Terus bagaimana cara mendapatkan sepakbor apache ini? MotoStory hanya menyarankan bergerilya sendiri di forum-forum online. Kalau beruntung dan baik hati dilernya coba saja datangi beres apache terdekat. Bilang saja sama dilernya sesama motor Indihe harus saling bantu. (***)
Powered by Telkomsel BlackBerry®










Post a Comment

0 Comments