Subscribe Us

header ads

Cari Sendiri Rantai Keteng Pulsar 135

Mesin pies mania krotok-krotok. Distel ketegangan rantai lewat tensioner tetap saja tidak mengatasi masalah suara kasar. Sim salabim ada kadabra, patut curiga dengan masalah di rantai keteng pies mania. Seiring dengan pemakaian dan usia bagian vital pada dapur pacu mengakibatkan rantai keteng mengalami keausan alias sudah mulai kendur.

Sejak motor beli baru dari pabrikan rantai keteng bisa dipakai sekitar dua sampai tiga tahun. Namun, jika pemakaian dalam sehari cukup sibuk lantaran aktivitas tuntutan kerja, pasti dalam waktu satu setengah tahun saja rantai keteng perlu dicek dengan servis besar.

Masalahnya, kembali lagi pada ketersediaan si kuda besi ini yang sejak masuk Indonesia cukup sulit ditemukan. Namun, jangan khawatir, sobat MotoStory, masih banyak jalan ke Roma. Asal ulet dan sabar pasti sobat MotorStory dapat menemukannya.

Kali ini MotoStory sedikit share bagaimana menemukan rantai keteng pies alternatif di pasaran umum. Ya karena, induk bajaj BAI sudah tutup jadi tidak bisa lagi beli di dieler beres terdekat.

Caranya dengan mengetahui kode atau ukuran dari rantai keteng pies kita. Kebetulan MotoStory pernah sekali ganti keteng di umur monstro sekitar 30.000 kilometeran. Waktu itu suara mesin sudah tidak karuan. Dan benar saja, kata mekaniknya rantai keteng, plus lidah (guide cam chain) mesti  diganti.


Selidik, punya selidik, rantai keteng pies itu berkode 25H-94L. Apa maksudnya, dua angka di depan tadi itu menunjukan ukuran dan jarak antar pin. Huruf H menunjukan kualitas rantai yang cukup bagus. Sementara di belakangnya 94 menunjukan jumlah mata, yakni 94 mata (link).

Jadi, sobat MotoStory tinggal bawa saja muter-muter ke bengkel umum di kota tempat tinggal sobat yang dianggap komplit untuk mencari rantai keteng ukuran itu. MotoStory sendiri menemukan rantai keteng tipe itu buatan anak dalam negeri yang kerap dibenamkan di motor yang berlogo sayap itu.

Kalau enggak salah sih mereknya FSCM. Nah, itu ada satu, keteng merek lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan asli bawaan pabrik, karena rantai keteng merek ini banyak digunakan motor Jepang. Cekidot, selamat memburu keteng 25H-94. Jika beruntung mungkin nanti bakal menemukan rantai keteng merk DID dan sebagainya. (***)

DAPATKAN PROMO MENARIK E-BOOK KLIK DISINI

Post a Comment

35 Comments

  1. Mau tanya , kalau Gear Set Merek Lokal pakainya apa ya buat Bajaj Pulsar 135 LS

    ReplyDelete
    Replies
    1. gear set lokal kalau mau meracik sendiri...belakang bisa pake GL series..43 mata ada juga yg 45 mata..gir depan bisa pake supra lama...rantai bisa pakai rantai racing yang panjangan...nanti disesuaikan dan dipotong saja...moga membantu

      Delete
  2. Gear depan : RX king yang 15 mata
    Gear belakang : GL pro yang 43 mata
    Rantai ukuran 428 atau 428H dengan panjang 130 mata (kalo gw make merk SSS tipe 428HSBT 130Link)

    ReplyDelete
  3. OK P.Bro peralatan PIES dan Pulsar yan lain bisa pesan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk saat ini belum nyediain bro..enggak tahu... kedepannya...rencana sih ada..sabar saja...partnya masih diuji di motor ane

      Delete
  4. maaf gan kalo tensioner nya ada solusi lain ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama 10 tahun memakai pulsar 135...tensioner memang biang masalah...motor kasar...nyangkanya sudah ancur saja tu motor,,,padahal kadang cuma setelan tensionernya yang sudah loyo...kalau pakai tensioner bawaan dan juga pake substitusi yang gak diakali..3 bulan sekali mesti stel tensioner...jadi harus diakalin...nanti saya review caranya...kebetulan sudah dipraktekin dan bertahan lama...gak kemerosok lagi

      Delete
  5. klo tonjokan tensioner bs pake kharisma atu gl pro lbhi kuat katanya...smga mmbnatu salam

    ReplyDelete
  6. Salam bung, aku mau tanya ni, motorku pulsar 135LS, paking karet penutup blok atas tu cocok pake punyanya motor apa ya?. klu ada yg asli sy pesan. Trimaksih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya belum ada persamaanya...tapi sekarang banyak lokalan di jual di online bro berburu saja coba...

      Delete
  7. KALO STARTER CLUTH PAKE PUNYA SAPA GAN MOHON PENCERAHA... SOALNY APUNYA ANE RETAK + ANCUR DALEMNYA..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh bisa hancur gitu ya...untuk sampe 10 tahun pemakaian dinamo stater saja masih anteng saja...belum pernah bongkar dinamo sih...jadi kurang begitu paham...tapi di bengkel pernah liat bisa dipake dinamo karisma...cuma ada rubahan digerinda gerinda gitu biar nempelnya kena ke blok mesin...

      Delete
  8. untuk stater cluth atau relay stater ya gan..sory kurang paham istilah..kl benar itu maksudnya relay staer bisa pake grand dan tigor pngaklaman sendiri,,,lbh baik pake yg asli,,,pengalaman pake yg kw merk Choh* pernah kebakar hi hi untung gak meleduk..sory telat

    ReplyDelete
  9. buat bro nani kahe..slama sekian kali ganti paking karet cover head pulsar 135 belum nemu yang substitusi tapi sekarang sempat lihat juga yang lokalan...selamat berburu sori telat jawabnya

    ReplyDelete
  10. bro ahmad : bisa jadi bro...disamakan saja coba diriset dulu

    ReplyDelete
  11. Maaf boss sy mau tanya,,packing pulsar 135 ccok pake punya apa ya,,msin sy rembes,,dan keteng juga dh habis,,juga lampu belakang mati,,mkasih sblumnya,, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada persamaannya kl gak salah..kalau mau buat sendiri beli aja paking lembaran buat mesin mobil biasanya,,,terus di mal sendiri ke blok motor...gunting deh..pasang...jangan lupa pake treebond..moga membantu

      Delete
  12. permisi agan2 senior pulsar
    ane pnya pulsar 135. alternstif gir sentrik atas 135 pakai apa ? punya ane udah rontok 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya saya belum pernah rontok jadi kurang tahu...coba saja barang kali ada di bawa ke bengkel umum dulu kali saja ada persamaannya...dengan motor sekelasnya mungkin...

      Delete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. assalamualaikum para suhu
    gear sentrik bajaj pulsar 135 saya udh rontok. alternatifnya apa ? sudah cari online di tokped bl, brgnya ksong. mohon bantuan krna darurat 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin harus inden bro ke bengkel khusus pulsar di jakarta...hunting saja

      Delete
  15. BRO UNKNOWEN packing pulsar cari di online kayaknya banyak..atau di grup2 pulsar juga suka ada yg jualan...tpi kalo mepet beli aja paking lembaran biasanya buat mobil,,,tapi kan harus gunting dan nge mal mempola...agak ribet sih,,,untuk rembes2 pastikan di sebelah mana,,,baru ketahuan apakah harus ganti paking atau seal...wah lampu belakang mati ya...cek aja kelistrikannya dulu urut kabel,,,kali aja ada yg putus ,,,

    ReplyDelete
  16. BRO ENJANK gigi sentrik...wah belum pernah nyari ...tapi coba aja kali ada ke bengkel umum yang sama...moga membantu...kalau ketemu bisa chat di sini biar saling berbagi...salam...

    ReplyDelete
  17. Kalo ganti keteng harus sama gearnya apa engga ya?

    ReplyDelete
  18. Kalo ganti keteng sama gearnya ga ya? Apa cuma rantenya doang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rantai nya doang bro...biasanya kl aku saya sih suka cek sama lidah keteng takutnya sudah getas

      Delete
  19. Masih pakai pulsar Pak? Saat ini ganti tensioner sebaiknya pakai kharisma atau GL atau sudah ada yang lebih mantap ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sejak beli baru dari 2010...sampe cicilan lunas...he he he he kalau mantap mendingh pake yg ori...pake kharisma juga oke asal ori,,,pake GL juga oke asal ori...

      Delete
  20. Bos mau tanya ada ngak persamaan lidah tensioner fulsar 135

    ReplyDelete
  21. lidah tensioner katanya bisa pake kharisma...cuma butuh penyesuaian dipotong dikit...MS belum pernah nyoba pake substitusi kalao untuk jeroan ...selalu cari yang peruntukan pulsar 135...banyak di toko online yang jualan..bisa hnting

    ReplyDelete