tips and trick seputar Bajaj Pulsar 135 sejarah sepeda motor India masuk Indonesia

Powered by Blogger.

Cari Sendiri Rantai Keteng Pulsar 135

Mesin pies mania krotok-krotok. Distel ketegangan rantai lewat tensioner tetap saja tidak mengatasi masalah suara kasar. Sim salabim ada kadabra, patut curiga dengan masalah di rantai keteng pies mania. Seiring dengan pemakaian dan usia bagian vital pada dapur pacu mengakibatkan rantai keteng mengalami keausan alias sudah mulai kendur.

Sejak motor beli baru dari pabrikan rantai keteng bisa dipakai sekitar dua sampai tiga tahun. Namun, jika pemakaian dalam sehari cukup sibuk lantaran aktivitas tuntutan kerja, pasti dalam waktu satu setengah tahun saja rantai keteng perlu dicek dengan servis besar.

Masalahnya, kembali lagi pada ketersediaan si kuda besi ini yang sejak masuk Indonesia cukup sulit ditemukan. Namun, jangan khawatir, sobat MotoStory, masih banyak jalan ke Roma. Asal ulet dan sabar pasti sobat MotorStory dapat menemukannya.

Kali ini MotoStory sedikit share bagaimana menemukan rantai keteng pies alternatif di pasaran umum. Ya karena, induk bajaj BAI sudah tutup jadi tidak bisa lagi beli di dieler beres terdekat.

Caranya dengan mengetahui kode atau ukuran dari rantai keteng pies kita. Kebetulan MotoStory pernah sekali ganti keteng di umur monstro sekitar 30.000 kilometeran. Waktu itu suara mesin sudah tidak karuan. Dan benar saja, kata mekaniknya rantai keteng, plus lidah (guide cam chain) mesti  diganti.


Selidik, punya selidik, rantai keteng pies itu berkode 25H-94L. Apa maksudnya, dua angka di depan tadi itu menunjukan ukuran dan jarak antar pin. Huruf H menunjukan kualitas rantai yang cukup bagus. Sementara di belakangnya 94 menunjukan jumlah mata, yakni 94 mata (link).

Jadi, sobat MotoStory tinggal bawa saja muter-muter ke bengkel umum di kota tempat tinggal sobat yang dianggap komplit untuk mencari rantai keteng ukuran itu. MotoStory sendiri menemukan rantai keteng tipe itu buatan anak dalam negeri yang kerap dibenamkan di motor yang berlogo sayap itu.

Kalau enggak salah sih mereknya FSCM. Nah, itu ada satu, keteng merek lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan asli bawaan pabrik, karena rantai keteng merek ini banyak digunakan motor Jepang. Cekidot, selamat memburu keteng 25H-94. Jika beruntung mungkin nanti bakal menemukan rantai keteng merk DID dan sebagainya. (***)

12 komentar:

Anonymous said...

Mau tanya , kalau Gear Set Merek Lokal pakainya apa ya buat Bajaj Pulsar 135 LS

Anonymous said...

Gear depan : RX king yang 15 mata
Gear belakang : GL pro yang 43 mata
Rantai ukuran 428 atau 428H dengan panjang 130 mata (kalo gw make merk SSS tipe 428HSBT 130Link)

bicho said...

OK P.Bro peralatan PIES dan Pulsar yan lain bisa pesan saya

Dhenna Rush said...

maaf gan kalo tensioner nya ada solusi lain ga??

MOTOSTORY said...

klo tonjokan tensioner bs pake kharisma atu gl pro lbhi kuat katanya...smga mmbnatu salam

Ahmad ibnu musa said...

25h-94l itu punya gl pro

Nani Kahe said...

Salam bung, aku mau tanya ni, motorku pulsar 135LS, paking karet penutup blok atas tu cocok pake punyanya motor apa ya?. klu ada yg asli sy pesan. Trimaksih....

Anonymous said...

KALO STARTER CLUTH PAKE PUNYA SAPA GAN MOHON PENCERAHA... SOALNY APUNYA ANE RETAK + ANCUR DALEMNYA..

Atep Riztiady said...

Choho

MOTOSTORY said...

untuk stater cluth atau relay stater ya gan..sory kurang paham istilah..kl benar itu maksudnya relay staer bisa pake grand dan tigor pngaklaman sendiri,,,lbh baik pake yg asli,,,pengalaman pake yg kw merk Choh* pernah kebakar hi hi untung gak meleduk..sory telat

MOTOSTORY said...

buat bro nani kahe..slama sekian kali ganti paking karet cover head pulsar 135 belum nemu yang substitusi tapi sekarang sempat lihat juga yang lokalan...selamat berburu sori telat jawabnya

MOTOSTORY said...

bro ahmad : bisa jadi bro...disamakan saja coba diriset dulu

Post a Comment