tips and trick seputar Bajaj Pulsar 135 sejarah sepeda motor India masuk Indonesia

Powered by Blogger.

Susah Putar Kunci Kontak Lumasi Saja


Memang kalau sudah terlanjur dikejar waktu, cuaca apapun harus dilalui saat berkendara. Entah itu saat panas atau pun hujan, karena tuntutan juga kita pastinya harus melalui segala rintangan itu.
Ya, seperti akhir-akhir ini musim penghujan masih menggelayut. Bagi sebagian bikers memang hujan ini bisa menjadi masalah cukup serius bagi ‘kesehatan’ kuda besi tunggangan kita. Termasuk dengan segala akibat yang ditimbulkan dari hujan ini.
Banyak yang bisa menggejala ke sepeda motor gara-gara paparan hujan ini. Contoh kecilnya saja, pelumas di rantai cepat habis, besi-besi jadi mudah berkarat, body motor jadi cepat kotor. Termasuk gejala susah putar kunci kotak. Ini juga bisa disebabkan dengan biang keladi si hujan.
Seperti yang dialami MotoStory, akhir-akhir ini kerap sekali membawa PIES meluncur dibawah paparan hujan. Tahu sendiri air hujan mengandung zat senyawa asam yang memiliki daya korosi. Saking seringnya terpapar hujan, suatu waktu, kunci kontak susah sekali diputar ke On.
Oke, sampai disini kalau menemui gejala seperti itu jangan memaksakan diri. Bisa-bisa kunci kontaknya malah patah. Kalau sudah patah, pikir dua kali ganci kunci kontak PIES yang konon katanya sulit mencari yang orisinil dan cukup mahal itu.
Coba, sedikit-sedikit putar-putar pelan, kalau tidak terlalu parah biasanya, bisa juga diputar ke on atau off. Solusinya, cukup mudah dan simpel tidak perlu pergi ke bengkel. Kalau ada oli bekas bisa bubuhi beberapa tetes ke dalam lubang kunci, lalu putar-putar bolak-balik secara perlahan beberapa kali hingga tidak terdengar bunyi yang keras.
Kalau ingin cepat kembali lancar, setelah dibubuhi oli atau cairan gemuk, biarkan dulu PIES kita dijemur beberapa menit. Tujuannya agar oli yang masuk bisa melumasi dengan sempurna.
Well…itu sedikit tips dari MotoStory kalau kunci kontak macet. Solusinya tinggal kasih pelumas saja sedikit. Jadi pelajaran juga, kalau huja-hujan, ada baiknya juga bagian ini dilindungi seperti dengan mantel hujan atau lainnya biar aman. (***)

4 komentar:

M-A-R said...

kunci kontak bukannya berhubungan sama listrik ya? apa gpp tuh di pakein oli?

MOTOSTORY said...

coba aja gan nyatanya ane gak kenapa knapa aman lancar jaya sampe kini

Tatung Suratung said...

Punya ane gitu gan..susah banget mo putar ke on..ada pengaruh ny gk sama kelistrikan klo di kasih pelumas.trus klo msh gk bs.ada gk ya produk buatan jepun yang bs di aplikasikan ke pies punyaku..asli kontak nya seret gan..mohon solusi ny

MOTOSTORY said...

ini trik orang awam bro maklum masih nubie...biasanya...kl ane lebih pilih pake minyak goreng tapi jangan jelantah yah heh ehe terus ditets secukupnya...kl biar cepat bereaksi di bawah terik mentari..slama ini aman-aman saja...biasanyaa kalo macet itu kl motor sering kehujanan...pengalaman ane sigh gitu...hingga 59000 kini tidak ada lagi macetmacetan intinya perawatan saja...salam moga membantu CMIW

Post a Comment