tips and trick seputar Bajaj Pulsar 135 sejarah sepeda motor India masuk Indonesia

Powered by Blogger.

Pengalaman Ganti Kampas Kopling Pulsar 135 LS


SEKIAN lama MotoStory wara-wiri dengan Pulsar 135 LS alias si PIES ini hingga sepido meter menunjukan angka 43000 an tenaga dapur pacu mulai sedikit berkurang. Ada beberapa gejala yang mengurangi akselerasi berkendara.
Beberapa diantaranya, soal akselerasi perpindahan gigi PIES. Awal-awal MotoSotry pernah mengalami gigi sulit berpindah, terutama saat turun ke gigi kecil dan kembali ke netral. Sulit melakukan pengoperan secara lembut tanpa mengeluarkan bunyi “jeletak-jeletuk”.
Namun, saat itu MotoStory tidak terlalu khawatir, karena dari beberapa artikel yang diposting para blogger soal pengalamannya dengan PIES katanya sih hal biasa dan lumar dengan gejala motor dari pabrikan India itu.
Namun, lama-kelamaan gejalanya semakin bertambah banyak. Sesekali kadang gigi berpindah sendiri ke netral. Kebiasaan ini kerap dirasakan saat berakselerasi lumayan lama di gigi satu dan dua. Tiba-tiba masuk ke gigi netral.
Akhirnya MotoStory memutuskan untuk membawanya ke bengkel langganan yang dulu pernah bekerja di bengkel resmi dealer penjual PIES. Kata si bengkel yang dipanggil Mas Karyo itu, langsung memvonis kalau kampas kopling PIES MotoStory harus diganti.
Singkat cerita, PIES pun dibongkar, dan kampas kopling bawaan dilepas. “Tuh, pantes kalau motor enggak tergopoh-gopoh saat mau berlari, kampasnya sudah licin begini,” kata Mas Karyo sembari memperlihatkan wujud lempengan kampas komplling yang memang sudah aus.
Karena memang, tidak ada suku cadang PIES yang orisinil, akhirnya Mas Karyo memilihkan suku cadang pengganti (substitusi). Dibenamkan lah akhirnya kampas kopling dari motor tetangga, milik Honda Grand Prima, kalau gak salah. Untuk meyakinkan diri MotoStory menanyakan efek samping dengan suku cadang pengganti itu. Dia bilang tidak berbeda jauh selama bentuknya sama persis, akselerasi PIES baik-baik saja.
“Syukurlah kalau begitu,” kata MotoStroy dalam hati. Tidak butuh waktu lama akhirnya kampas kopling baru sudah dipasang. Setelah dites ride, akselerasi jadi bertenaga, bukaan kopling tidak terlalu renggang, dan gejala buka kopling pada saat start tidak lagi ada gejala “engog-engogan” kata orang Sunda.
Masalah kopling beres, berikutnya, gejala gigi kerap pindah netral sendiri masih terasa. Namun, MotoStory masih tidak mau berburuk sangka, karena kampas kopling sudah diganti? Kira-kira apa masalah lainnya? Hingga saat ini MotoStory belum menemukan jawabannya.
Apakah setelan kopling, apakah masalah di tungkai perseneleng, ataukah ada di drum gigi yang ada dijeroan mesin? Who Knows?

9 komentar:

abc1 said...

klo untuk gear berpindah sendiri ke netral/slip kopling, itu dikarenakan oli mesin yg tidak sesuai dg rekomendasi pabrik.. bisa saja karena oli terlalu encer...
klo saya pribadi rekomendasi pakai LUCAS / Federal supreme xx syntethic. Semoga membantu

Mengenai LS said...

oke gan bisa jadi olinya ya

Irwan said...

Pengalaman pake oli yg direkomendasi dari bajaj, yaitu valvoline, saya mengalami hal serupa, setelah diganti dgn motul ester masalah terselesaikan. Padahal spek kedua oli tsb sama, API-SL JASO MA 20W 50.

Irwan said...

Agan, itu substitusi kampas kopling pulsa 135 pake punya Honda Grand Prima kah? Kok pake embel2 'Kalo gak Salah'?

JACK said...

IYAH gan..pake Grand Prima juga bisa...Tiger juga bisa...banyak yang sama..pake aftermarket buat grand juga bisa seperti dari Choho dsb...dicari dan disamakan saja..moga beruntung...SALAM

Arien Nazhirul said...

Minta solusinya dong, nih motor pulsar 180 tidak bisa diajak lari kalo dikasih jalan tanjakan gak bisa naik, kenapa ya? awalnya nih motor service dibengkel lain katanya koplingnya dah aus diganti lah, tapi setelah itu baru sebulan nih motor jadi ngadat gak bisa diajak ngebut apalagi lewatin tanjakan, udah kaya motor jadul aja gak bertenaga, terkadang nyesel dah beli motor ini gara2 bengkel resmi dah pada tutup entah kemana, tolong dibantu, kalo bisa service motor pulsar didaerah cimahi dimana ya? takutnya ditangani ma embel2

Anugrah Ega said...

saya minta solusi kenapa yah motor pulsar 135 saya tiap kali di ajak lari trus RPM mulai di angka 6 suara knalpot nggerung kaya kopling nya itu kita tarik, tp motor kecepatan ga nambah.
apa itu kampas kopling yg sudah aus?
mohon pencerahan nya

MOTOSTORY said...

yg pulsar 180 bisa jadi masalah ada di kelistrikan dan karbu..kl kamps kopling sudah diganti..mungkin bisa mmbnatu

MOTOSTORY said...

pengakaman kampas kopling aus di pulsar 135, oper gigi susah nyangkut terus, mesin cepat panas, dan susah netral,,,selama ini dua tahun sekali kalau pemakaian normal ganti kampas..pakai grand ori,,aman juga..

Post a Comment